Mahasiswa Punya Peran Kunci Pemilu 2019

  • Whatsapp

Foto : Kapolres Probolinggo AKBP. Fadly Samad saat bersama BEM Mahasiswa saat diskusi Pemilu 2019,Selasa (25/9/2018)

KABARRAKYAT.ID – Peran mahasiswa dalam proses Pemilu memiliki peran yang strategis dan garda terdepan dalam membangun berdemokrasi. Mahasiswa diharapkan memiliki peran lebih dalam mencipatakan Pemilu 2019 yang bermatabat, bebas, demokratis dan damai.

Dukungan mahasiswa untuk suksesnya Pemilu 2019 dinilai sangat strategis. Pernyataan ini diungkapkan Kapolres Probolinggo, AKBP. Fadly Samad, saat ngopi bareng bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Kabupaten Probolinggo,, Selasa (25/9/2019). Dalam ngopi bareng ini, polisi mengajak para intelektual muda ikut andil mewujudkan pemilu yang damai dan independen.

Peran mahasiswa dalam sejarah bangsa Indonesia selalu menjadi terdepan dalam proses berdemokrasi. Ia menjadi inspirasi dalam membawa perubahan prilaku, berpikir dan termasuk membawa kemajuan bangsa.

“Dukungan mahasiswa yang mewakili intelektual sangat strategis dalam membangun proses demokratisasi. Jelang Pemilu 2019, mahasiswa bisa menjadi ujung tombak pemilu yang damai, bermatabat, bebas dan demokratis. Apa yang ada hari ini bagian dari sejarah panjang mahasiswa yang mengusung reformasi 1998 lalu,”Kata AKBP. Fadly Samad dihadapan delegasi BEM dari sejumlah kampus diantaranya Institut Ilmu Keislaman Zainul Hasan (Inzah); Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Zainul Hasan (STIH ZH); Universitas Nurul Jadid (Unuja) dan Universitas Panca Marga (UPM) di Islamic Center, Kraksaan, Selasa(25/9/2018).

Baca juga: Kelebihan Muatan Dump Truk Batu Ngguling

Kapolres Probolinggo mengajak elemen mahasiswa tampil sebagai pendukung suksesnya Pemilu 2019. Dengan cara memberikan edukasi Pemilu kepada masyarakt luas. Dan menjadi inspirasi pendidikan politik yang cerdas, beretika, beradap dan tentunya demokratis.
” Peran mahasiswa ini yang dibutuhkan dalam penciptaan Pemilu damai dan bermatabat. Partisipasi ini yang sejatinya diharapkan masyarakat luas, ” harap Kapolres Probolinggo di tengah jadual kampanye Pemilu 2019.

Delegasi BEM Inzah, Yuyun Cahyati (21), pasca acara mengatakan bahwa ‘ngopi bareng’ tersebut membuka pemahaman baru baginya, akan peran sentral mahasisswa dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

“Ini memberi pemahaman bahwa tanggung jawab mahasiswa tidak hanya di kampus, namun kita juga bisa menjadi pemberi edukasi kepada masyarakat tentang pemilu, baik via media sosial maupun dunia nyat”, ungkap Yuyun Chayati dalam diskusi dengan jajaran Polri tersebut.

 

Reporter  :  Richard

Editor        : Choiri

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *