Mahasiswa UGM Riset Ekonomi Digital di Banyuwangi

Driver online Go-Jek saat dalam kegiatan bhakti sosial 

KABARRAKYAT.ID, BANYUWANGI – Mahasiswa fakultas Fosiologi Universitas Gajah Mada (UGM) Yogjakarta melakukan riset ekonomi digital dengan driver ojek online di Banyuwangi, Selasa (1/5/2018).

Bersama dua orang rekannya, Amelia (22) yang sama-sama berstatus sebagai mahasiswa UGM melakukan riset kepada ojek online Banyuwangi.

Dalam riset tersebut dilakukan dengan cara survey mengenai pendapatan perhari ojek. Bukan hanya pedapatan saja, Amelia dan rekannya juga menanyakan tentang keselamatan kerja, asuransi, hingga pelayanan yang disediakan oleh pihak Operator.

Driver yang sudah di survey mendapatkan sepasang sarung tangan sebagai tanda terima kasih dari mahasiswa UGM.

mahasiswa UGM di BWI

Amelia (kanan) mahasiswa UGM dan driver ojek Online Banyuwangi

Baca juga :

Selain Banyuwangi, mereka juga melakukan riset di Jakarta dan Surabaya. “Banyuwangi kami pilih karena kami mendengar Pemkab Banyuwangi yang pertama kali mengajak Operator Ojek Online bekerja sama” Ujar Amelia.

Di UGM sendiri sedang gencar-gencarnya membahas tentang Ekonomi Digital. “Nantinya hasil riset akan di evaluasi apakah sudah layak untuk memenuhi kebutuhan hidup” jelas Amelia. Hasil riset dapat dijadikan referensi pemerintah mengenai layak atau tidaknya menerapkan Ekonomi Digital di masa sekarang. Kami menjadikan riset semacam ini sebagai fokus kami sebagai mahasiswa Fosiologi.

Untuk di Banyuwangi kami akan melakukan riset sebanyak 40 driver ojek online. Dalam beberapa bulan lagi kami akan mensurvey ulang riset seperti ini. Mengenai biaya yang dikeluarkan untuk melakukan riset ini. Amelia dkk sudah disediakan oleh pihak kampus UGM.

Akbar yang sebagai driver ojek online, mengatakan, “Kami selaku Driver online yg berada di bwi menyambut baik riset yg dilakukan pihak UGM, kami harap hasil dari riset ini bisa menjadi masukan untuk pemerintah dalam program kesejahteraan pelaku Ekonomi Digital khususnya Driver Online,” ungkapnya.

Di Banyuwangi driver olnline sudah banyak membantu masyarakat. Selain mempermudah transportasi, juga memberikan manfaat melalui program pemerintah, misal antar obat online, rantang kasih dan beberapa kegiatan lainnya termasuk mempromosikan wisata Banyuwangi.

Reporter : Aditama

Editor : Coi

banner 970x90









Loading...

#gojek #student #ugm #universitasgajahmada

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 800x600)

    Tinggalkan pesan