Masa New Normal, Warga Binaan Lapas II.B Bondowoso Dilatih Keterampilan

  • Whatsapp

Warga Binaan Lapas Bondowoso

KABAR RAKYAT – Di era new normal ini, Lapas kelas II.B Bondowoso, tak mengurangi aktivitas warga binaannya. Bahkan, belasan Warga Binaan mendapatkan pelatihan otomotif,  Senin (9/11/2020).

Pelatihan tersebut berlangsung selama 42 hari. Menurut Hari Winarca,  Kepala Lapas (Kalapas) Kelas II B Bondowoso, kegiatan tersebut merupakan upaya Lapas dalam memberikan bekal kepada WBL setelah mereka bebas nantinya.

Bacaan Lainnya

“Pelatihan sudah berjalan kurang lebih sepuluh hari. Dimulai pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB. Selain teori, peserta juga praktik langsung memperbaiki sepeda motor. Lima hari pertama memang diberikan teori dari mekanik. Ada enam sepeda motor yang menjadi bahan percobaan narapidana untuk dibongkar pasang atau diotak-atik,” jelasnya.

Pelatihan ini,  lanjutnya, menjadi bagian dari program pembinaan keterampilan kerja di Lapas Klas II Bondowoso, yang rutin diselenggarakan setiap tahun.

“WBP difasilitasi untuk pengembangan minat dan keahliannya. Salah satunya seperti menjadi mekanik otomotif ini. Sehingga mereka juga dapat keahlian baru menjadi sumber pencaharian nantinya,” imbuhnya.

Ia berharap WBP bisa menyerap pengetahuan yang diberikan instruktur dari Balai Latihan Kerja (BLK). “Ilmu yang didapat nantinya dapat diaplikasikan di kehidupan bermasyarakat nanti,” harapannya.

Selain bidang otomotif. Kedepan Lapas Klas II B Bondowoso, sudah menyiapkan beberapa program pelatihan lainnya.”Kami menggandeng Balai Latihan Kerja (BLK) wilayah Situbondo untuk mendatangkan dua mekanik guna melatih para warga binaan tersebut,” tegasnya.

Dalam pelatihan tersebut,  WBL tetap memerhatikan protokol Covid-19, yakni khususnya dalam penggunaan masker.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *