Rabu, Januari 27, 2021
Beranda JATIM BANYUWANGI Masa Tenang, Paslon Diminta Copoti APK dan Tidak Kampanye Lagi

Masa Tenang, Paslon Diminta Copoti APK dan Tidak Kampanye Lagi

REPORTERHariyadi

KABAR RAKYAT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyuwangi berharap kepada seluruh Pasangan calon (Paslon) untuk mulai mencopoti Alat Peraga Kampanye (APK). Karena mulai besok 6 Desember hingga 8 Desember merupakan masa tenang.

“ Besok sudah masa tenang, harapanya seluruh paslon mulai hari ini sudah mengakhiri kegiatan kampanye, dan kami memberikan deadline seluruh APK pada 6 Desember besok sudah harus bersih , “ ucap Ketua KPU, Dwi Anggraini saat dikonfirmasi usai mengelar Rapat koordinasi persiapan pemungutan suara, Sabtu (05/12/2020) di Hotel Aston.

Dwi Anggraini mengatakan, pihaknya sudah melayangkan surat pemberitahuan kepada Tim Kampanye kedua paslon untuk mencopot seluruh APK. Sesuai dengan ketentuan yang berhak melakukan pencopotan APK adalah tim kampanye.

“ Kegiatan yang berbau kampaye hari ini terakhir hingga pukul 00:00 WIB nanti, besok tidak diperbolehkan lagi melakukan kampanye baik secara tatap muka, daring termasuk dan seluruh APK harus dicopot , “ tegasnya.

Jika sampai batas waktu, seluruh jenis APK baik berupa spanduk bahkan branding yang ada di mobil tidak segera dibersihkan, maka hal itu menjadi ranah Bawaslu bersama Satpol PP untuk melakukan penertiban.

“ Untuk penertiban APK yang masih terpasang pada masa tenang itu ranah Bawaslu dan Satpol PP , “ ucap Dwi Anggraini.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua Bawaslu Banyuwangi, Hamim, yang meminta kepada seluruh tim pemenangan pasangan calon untuk membersihkan semua APK kandidat pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi tahun 2020.

“ Pada masa tenang, selain seluruh kegiatan kampanye dihentikan, APK yang terpasang juga harus dicopot mulai jam 00:00 nanti , “ ucap Hamim melalui sambungan WhatsApp.
Dan untuk penertiban APK yang masih terpasang pada masa tenang, Bawaslu berbeda pendapat dengan KPU.

Menurut Hamim, penertiban APK justru menjadi ranah KPU sebagaimana bunyi Pasal 31 Peraturan KPU No.11 Tahun 2020 yang berbunyi “ KPU Provinsi/KIP Aceh dan KPU/KIP Kabupaten/Kota berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan Bawaslu provinsi dan/atau Bawaslu kabupaten/kota menertibkan dan membersihkan Alat Peraga Kampanye paling lambat 3 (tiga) hari sebelum hari H dan tanggal pemungutan suara “.

“ Sesuai dengan PKPU penertiban APK itu menjadi ranah KPU , “ pungkas Hamim.

EDITORSetiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca