Friday, October 30, 2020
Home JATIM TRENGGALEK Masyarakat Munjungan Mengapresiasi Program Pemulihan Ekonomi Pemda

Masyarakat Munjungan Mengapresiasi Program Pemulihan Ekonomi Pemda

REPORTERRudi Sukamto
- Advertisement -

KABAR RAKYAT – Mewakili masyarakatnya, Camat Munjungan Rudiyanto mengapresiasi program pemulihan ekonomi kerakyatan yang sudah berjalan di saat masa pandemi COVID-19 digagas Pemda Trenggalek.

Hali itu disampaikan Camat Munjungan, saat kegiatan skrining dini mata dan program pemulihan ekonomi di wilayahnya, dalam sambutan acara, pada hari, Minggu (30/8).

“Kepedulian terhadap kaum termarginalkan ini tidak hanya saat Pandemi Covid 19 ini saja melainkan sudah dilakukan semenjak mengemban amanah dari masyarakat Trenggalek untuk menjadi kepala daerah,” jelasnya.

Menurut Rudi sebelum Pandemi Covid 19, ada program GERTAK (Gerakan Tengok Bawah Masalah Kemiskinan dan Kerentanan) yang di inisiasi untuk membantu mengurai permasalahan kemiskinan.

“Kemampuan anggaran yang terbatas dan keterbatasan akan peraturan dalam membelanjakan APBD bisa diurai melalui program ini. Dengan GERTAK pemerintah bisa segera membantu masyarakat miskin, dengan sinergitas GERTAK dan BAZNAS,” kata Rudi.

Dicontohkan Rudi, masyarakat miskin yang tidak bisa mengakses layanan kesehatan bisa dibantu dengan sinergitas ini.

Bila menggunakan APBD, tentunya prosesnya akan memakan waktu yang panjang, mulai direncanakan dulu sebelumnya hingga bisa dilaksanakan di tahun berikutnya, padahal intervensi kemiskinan ini harus dilakukan dengan cepat.

Dalam menghadapi masa pandemi covid, Bupati Trenggalek selain menginisiasi GERTAK, juga menginisiasi pemberian stimulus Kartu Penyangga Ekonomi (KPE) guna meningkatkan daya beli masyarakat.

“Ibu Novita Ketua Penggerak PKKB menstimulus setiap keluarga untuk mandiri pangan dengan menanam sayur dan buah sendiri, sehingga alokasi belanja buah dan sayur ini bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan lainnya,” tutur Camat Munjungan.

PKK juga mendorong kebangkitan UMKM dengan menstimulus permodalan bagi pelaku usaha mikro dan membuat platform digital untuk membantu pelaku UMKM dalam memasarkan produknya, imbuh Rudi.

“Patut disyukuri kita punya bupati dan istri yang peduli dengan kemiskinan,” tandas pejabat yang akan memasuki masa purna tugas di Bulan September nanti.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca