Melihat Aktifitas Pedagang Ikan Keliling di TPI Muncar

85 views
Pedagang Ikan Keliling di TPI Muncar (2)

Pedagang Ikan Keliling di TPI Muncar

KABARRAKYAT.ID – Puluhan pedagang ikan keliling berebut hasil tangkapn ikan nelayan yang dijual langsung di pelabuhan TPI (tempat pelelangan ikan) di Muncar, tepat Desa Kedungrejo Kecamatan Muncar, Banyuwangi, Jumat (12/7/201).

Mereka berharap dapat dagangan ikan dari nelayan, untuk dijual kembali pada warga konsumen langsung.

“Semoga dapat ikan lemuru. Karena pelanggannya kebanyak ibu rumah tangga pesan ikan lemuru,” kata Hasan (50) pedagang ikan keliling asal Muncar ini.

Hasan sudah menjalani profesi pedagang ikan keliling sudah 20 tahun lebih. Dengan berdagang ia bisa mengambil keuntungan sedikit dan untuk kebutuhan hidup keluarganya.

Pedagang Ikan Keliling di TPI Muncar (1)

Pedagang Ikan Keliling di TPI Muncar

“Saya biasa berdagang desa-desa Tegaldlimo. Sehari jika dagangannya habis, kadang ia membaha keuntungan bersih 100 ribu hingga 150 ribu lebih,” ungkap Hasan.

Pedagang ikan keliling lainnya, Barok (42) juga tidak kalah. Untuk bisa mendapatkan dagangan di TPI Muncar, ia harus gigih dan ulet. Karena di pelelangan ikan harga dijual sangat cepat.

“Alhamdulillah dagangan saya, hari ini ada ikan layang dan ikan lemuru. Saya dapat 6 kresek ikan seberat 18 kg saya beli dengan harga Rp. 130 ribu,” kata Barok.

Kegigihan dan keuletan pedagang keliling, untuk mengais rejeki di pagi hari terlihat penuh semangat dan dinamika kehidupan yang luar biasa. Mereka harus menghadapi kenyataan.

Sayangnya mereka mengaku hanya modal kecil, dan harus benar-benar prihatin dan penuh perhitungan dalam menjalankan usaha sebagai pedagang ikan keliling.

Reporter: Jaenudin

Editor: Choiri

#pedagang ikan #pedagang keliling #pemodal kecil #tpi muncar

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply