Monday, September 21, 2020
Home BERITA Mudik Dengan Kapal Tradisional Lebih Puas

Mudik Dengan Kapal Tradisional Lebih Puas

- Advertisement -

Ojek Gendong Pelabuhan Jangkar Situbondo

KABARRAKYAT.ID, SITUBONDO – Mudik lebaran dengan transportasi tradisional, jenis kapal motor kayu atau kapal layar motor (KLM) dari Pelabuhan Jangkar, Situbondo tujuan Madura, ke pulau Raas, Podai, Sepudi, Kalianget punya tantangan, sendiri dan akan memacu adrenalin penumpangnya.

“Kebutulan rumah saya di Pulau Raas, satu-satunya rute terpendek hanya dengan kapal tradisional untuk bisa pulang,” kata Yundarto, seorang pemudik asal Raas, Selasa (5/6/2018).

Penumpang kapal tradisional, pasti akan dilayani ojek gendong, layanan jasa manusia dengan mengandalkan tenaga, mengangkut penumpang dari darat ke kapal tambang, dan KLM, yang berjarak 300 meter dari bibir pantai (pas, air surut). Adapun ongkos ojek gendong, untuk angkutan manusia Rp. 5000 dan barang berat (sepeda motor) Rp. 10.000.

Bagaimana dengan sistem pengawasan? kapal tradisional tetap jadi pengawasan dari pihak ke Syahbandaran di Pelabuhan Jangkar. Mereka tetap dikenakan aturan pelayaran yang berlaku sesuai standar kepalnya.

Mudik Madura (2)
Mudik lebaran ke Madura

Baca juga : Gelombang Mudik Lebaran Rute Madura Terlihat

Selasa (5/6/2018), kapal kayu tradisional, tujuan raas berangkat, kurang lebih Ada dua ratus penumpang. Sementara untuk kapal roro, tujuan Sepudi juga berangkat dengan manives kurang lebih tiga ratus penumpang. Prediksi dari pihak Pelabuhan Jangkar, ada 12 ribu pemudik asal Madura, yang merantau dari berbagai kota/kabupaten laur provinsi maupun dalam provinsi. Pemudik asal kepulauan Madura, memilih pelabuhan Jangkar karena lebih banyak kapal baik kapal tradisional kayu, KLM, maupun KMP.

Khoirul Anwar, Kepala Cabang PT. Darma Dwipa Utama, pada tanggal 10 Juni 2018, adalah jadwal perdana keberangatan layanan kapal cepat gratis, dari Dinas Perhubungan dan LLAJ Provinsi Jawa Timur dengan jadwal keberangkatan 5 trip saat arus mudik.

Selain adanya penambahan armada kapal gratis, otoritas pelabuhan, menambah trip keberangkatan dua kapal roro,selain penambahan trip keberangkatan,kapal roro,juga akan menambah rute, yang seharusnya rute Pelabuhan Jangkar-Kalingat, Jangkar-Podai, Jangkar-Sepudi, singgah ke pulau Raas, akan ditambah disetiap  keberangkatan kapal roro. Karena penumpang terbanyak adalah pemudik asal dari Pulau Raas, dan Sepudi. Sementara trip keberangkatan, Pelabuhan Jangkar-Kalianget, masih tetap seperti hari biasa.

Reporter : Yons

Editor : Coi/Choiri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER