Musim Paceklik, Stok Gabah di Gudang Pangan Minim

92 views
banner 468x60)
Stok gabah

Foto: Stok gabah di gudang pangan minim

KABARRAKYAT.ID – Tempat penimbunan gabah mulai minim, saat musim paceklik tiba. Salah satunya dialami gudang cadangan pangan milik Gapoktan Saeri Makmur di Deaa Wringinrejo Kecamatan Gambiran Banyuwangi.

Mujiono Ketua Gapoktan tersebut mengatakan minimnya penimbunan gabah yang ada di gudang cadangan pangan Gapoktan Saeri Makmur tinggal 2 ton gabah kalau musim panen raya padi mencapai 20 ton gabah.

Karena, lanjutnya, pada bulan ini memang musim paceklik atau musim tanam padi yag ada di wilayah Desa Wringinrejo, Kecamatan Gambiran, Kabupaten Banyuwangi.

“Gudang penyimpanan gudang cadangan pangan saat ini masih 2 Ton gabah. Ditambah unit penggilingan padi masih 2 Ton gabah, jadi jumlah semuanya sebanyak 5 Ton gabah yang berada di Gudang Cadangan pangan gapoktan saeri Makmur,” ujar Mujiono.

Ketua Unit Penggilingan Padi Gapoktan Saeri Makmur, menjelaskan bantuan modal cadangan pangan dari pusat untuk isi cadangan pangan dan unit penggilingan padi sebesar modal sebesar Rp. 70 Juta.

Dengan bantuan uang Rp. 70 juta rupiah ini untuk beli gabah kepada petani dan kami kembangkan giling beras lalu kedepan kami kembangkan, melayani masyarakat wilayah Desa Wringinrejo,Kecamatan Gambiran.

“Disamping melayani masyarakat wilayah Desa Wringinrejo juga kita kembangkan ke pelanggan toko toko yang berada di kecamatan Genteng, Singojuruh dan Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi.

Dan yang penting disaat musim paceklik atau musim tanam padi gedung cadangan pangan dan unit penggilingan padi masih tetap jalan sampai saat ini.

Tapi, saat musim panen raya padi gudung cadangan pangan Saeri Makmur mencapai 20 ton gabah yang ada di Desa Wringinrejo, Kecamatan Gambiran,” pungkasnya.

Reporter: Jaenudin

Editor: Choiri

banner 468x60)

#Banyuwangi #Gapoktan #Stok Gabah

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply