Musim Penghujan Cipta Karya Pangkas Pohon Tua

Foto: Ir. H. Mujiono, MM Kepala DPU Cipta Karya dan Tata Ruang

KABARRAKYAT.ID – Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya dan Penataan Ruang Kabupaten Banyuwangi akan memangkas dahan dan ranting sejumlah pohon rawan tumbang, saat peralihan musim kemarau ke penghujan di sejumlah ruas jalan protokol.

“ Musim peralihan dari kemarau ke hujan biasanya dibarengi  dengan terjadinya angin kencang, Dinas PU Cipta Karya dan Penataan Ruang akan melakukan penyisiran guna memangkas pohon-pohon yang rawan tumbang agar tidak membahayakan masyarakat, “ ucap Kepala Dinas PU Cipta Karya dan Penataan Ruang, Ir.H.Mujiono saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon selulernya, Selasa (06/11/2018).

Penyisiran akan dilakukan disepanjang jalan protokol, area jalan umum, tempat keramaian dan taman-taman di seputas kota Banyuwangi.

Selain melakukan pemangkasan, pihaknya juga akan mengevaluasi pohon peneduh jenis trembesi atau saman di beberapa jalan protokol. Menurutnya pohon saman sangat baik untuk program penghijauan karena pertumbuhan lebih cepat. Namun ada kelemahanya perakarannya cukup dangkal sehingga bisa merusak jalan bahkan trotoar.

“ Ada beberapa pohon peneduh jenis trembesi atau saman, secara bertahap akan kita ganti dengan jenis pohon baru yakni pule, “ ucapnya.

Pohon pule atau pulay adalah jenis pohon peneduh yang memiliki tingkat kerindangan cukup baik karena daunya tidak mudah rontok dan akarnya tidak menjalar kemana-mana.

Sebelumnya telah terjadi pohon tumbang yang menimpah sepeda motor dan mobil di jalan A.Yani, tepatnya di depan Kantor PCNU Banyuwangi, yang membuat satu orang terluka. Pohon ayoman jenis trembesi  itu tumbang akibat hujan deras yang menguyur kota Banyuwangi  selama kurang lebih 2 jam.

Reporter: Hariyadi

Editor: Richad

banner 970x90









Loading...

#Banyuwangi Baru #Kabar Baru #Pohon

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 800x600)

    Tinggalkan pesan