Musrenbang RKPD Tahun 2022 Secara Virtual dibuka oleh Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya

  • Whatsapp
KABAR RAKYAT – Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis Gelar Musrenbang RKPD tahun 2022 secara virtual di buka oleh Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya ,bertempat Aula Bappeda Ciamis, Selasa (23/3).
Diikuti oleh unsur Forkopimda, OPD Lingkup Pemerintahan Kabupaten Ciamis, lembaga dan organisasi masyarakat di wilayah Kabupaten Ciamis serta pimpinan daerah Kabupaten/Kota tetangga, Komite Perencanaan, Instansi vertikal pemerintah, BUMN/BUMD di wilayah kerja Kabupaten Ciamis. Dan hadir pula secara virtual Pejabat Kementerian Kemenkop UKM, Perwakilan Gubernur Jawa Barat, dan Kepala Bappeda Provinsi Jawa Barat.
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan,  musrenbang RKPD 2022 merupakan kunci dalam penjabaran visi dan misi Kabupaten Ciamis.
Juga terukur, terutama dalam pembangunan yang betul-betul prioritas. Tentunya disesuaikan dengan kemampuan kita dan SKPD harus selektif terukur dan terarah dalam program prioritasnya agar mencapai visi dan misi yang telah disepakati, ” katanya.

Lebih lanjut, Bupati  juga mengingatkan dalam pencapaian target visi misi antar SKPD harus terintegrasi agar menunjang tercapainya target yang sudah ditentukan.
“Kita mengetahui situasi saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19 yang sangat berpengaruh terhadap kemampuan keuangan daerah dan APBD. Kita harus tetap optimis dengan memanfaatkan momentum kali ini agar menjadi peluang  untuk berlari lebih cepat lagi mengejar apa yang tertingga dikarenakan pandemi Covid-19, ” harap Herdiat.
Di tambahkan , Herdiat di program tahun 2021 yang masih berjalan ini, terjadi refocusing dan rasionalisasi anggaran untuk penanganan Covid-19. Sehingga berdampak terhadap target RKPD 2021.
“Kita memaklumi bagaimana sulitnya pimpinan SKPD dan Camat. Tatkala ketika disepakati APBD sebulan kemudian diubah lagi dikarenakan pandemi Covid-19, ” Terangnya.
Bupati Ciamis ini pun mengimbau agar SKPD menganggarkan program prioritas. Serta perlu adanya integrasi dengan pemulihan ekonomi dan kesehatan masyarakat.
“Kita harus menghadapi situasi pandemi ini dan tidak menyerah dan tetap semangat. Ini peluang kita bisa bangkit, dengan meningkatkan produk lokal. Kita harus bersatu padu agar bangkit dari kondisi serba sulit, ” imbuh Herdiat.
Sementara itu, Ketua Pelaksana Musrenbang RKPD 2020, Aep Saepulloh mengungkapkan tujuan dilaksanakannya musrenbang untuk menyepakati prioritas pembangunan daerah. Selain itu juga untuk menyepakati program dalam rangka penyempurnaan RKPD Kabupaten Ciamis tahun 2022.
“Hari ini merupakan akhir pelaksanan musrenbang RKPD di Kabupaten Ciamis. Sebelumnya kita telah melaksanakan tahapan-tahapan seperti, Kick off meeting, Musrenbang RKPD dari tahap desa, Musrenbang kecamatan, Konsultasi publik dan forum lintas pimpinan daerah.*

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *