Nelayan Pancer Enggan Melaut Karena Cuaca Ekstrim

  • Whatsapp
Nelayan Pancer tdk melaut (1)
Cuaca Ekstrim. Perahu nelayan, parkir di tepi pantai Pancer. (ft. Jaenudin/KabarRakyatID)

KabarRakyat.ID – Ratusan nelayan Pantai Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Sumberagung, Banyuwangi enggan melaut. Karena cuaca ekstrim di laut menjadi ancaman nelayan. Mereka khawatir terjadi kecelakaan di laut.

Adminto (40), nelayan setempat mengatakan banyak nelayan yang tidak melaut, karena ancaman cuaca ekstrim, angin barat daya yang berpengaruh pada gelombang laut tinggi.

Read More

Baca juga:

Peristiwa ancaman cuaca ini, jelas Adminto, sudah berjalan dua minggu lebih. Artinya nelayan di Pantai Pancer sudah tidak mendapat penghasilan dari mencari ikan di laut.

“Sudah dua mingg ini, angin barat daya yang cukup besar, oleh sebab itu para nelayan Pancer semua tidak bekerja,” ujar Adminto, Senin (13/1/2020).

Nelayan Pancer tdk melaut (2)
Pantai Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. (ft. Jaenudin/KabarRakyatID)

Pantau dilapangan, hampir semua nelayan Pancer, menganggur. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, terpaksa nelayan menjual barang-barangnya untuk kebutuhan makan dan biaya sekolah anaknya. Tidak sedikit, nelayan setempat, mencari pinjaman pada pihak lain meski uang pinjaman berbunga.

Harapan nelayan setempat, cuaca ekstrim segera berlalu dan bisa mendapatkan penghasilan dari mencari ikan laut di Pantai Selatan.

Sejumlah nelayan, ada yang menghabiskan waktu memperbaiki kapal kayunya yang rusak karena melaut beberapa hari lalu. Ada pula yang memperbaiki jaring ikan dan alat tangkap.

Reporter: Jaenudin

Editor: Choiri

Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *