Nikmati Wisata Buah Mangga di Trigatra Situbondo

465 views

Foto: Agrowisata buah mangga segar petik langsung dari kebun

PT. Trigatra: “Pengunjung Dapat Memetik Sendiri Dari Pohonnya”

KABARRAKYAT.ID – Saat kita menginginkan buah, hanya pasar buah satu-satunya tempat yang bisa kita tuju untuk mendapatkannya. Itu pun kerap kali, buah yang kita peroleh tak sesuai seperti yang diharapkan. Karena terbatasnya stok dan pilihan yang bisa kita pilih. Bagaimana jika kita membeli buah dengan memetik langsung dari pohonnya?

Di Situbondo, Jawa Timur, PT. Trigatra yang berada di Desa Ketowan, Kecamatan Arjasa menjawab kejenuhan tersebut. Trigatra merupakan satu-satunya wisata agro buah mangga yang berada di Kabupaten Situbondo. Pengunjung dapat dapat merasakan sensasi tersendiri dengan memetik sendiri buah mangga dari pohonnya, seolah-olah itu adalah tanaman kebun milik sendiri.

Rasakan sensasinya, nikmatnya buah mangga dalam keadaan segar yang baru dipetik dari pohonnya. Menarik bukan?

Mangga jenis Aromanis 147 merupakan jenis mangga yang terbanyak di Trigatra ini. Karena rasanya yang khas, mangga jenis aromanis 147 ini menjadi mangga yang paling banyak diminati pecinta buah mangga. Selain rasanya yang manis dan tidak dimiliki jenis mangga lainnya, cara mengupasnya pun juga unik, yakni seperti layaknya mengupas buah alpukat.

Kebun mangga milik Trigatra ini adalah pemasok terbesar kebutuhan mangga di Hongkong, Malaysia, Jepang dan Amerika. Sehingga dengan berwisata ke kebun mangga ini, selain tidak khawatir dengan kualitas mangga yang didapat, pengunjung juga tak lagi merasakan mahalnya harga mangga seperti di pasar.

Pengunjung setelah memetik buah mangga, lalu ditimbang sesuai beratnya. Untuk harga mangga super, satu kilonya dihargai , Rp. 45 ribu per kilogramnya. Sementara untuk harga mangga kelas B, dihargai Rp. 43 ribu per kilogramnya.

Dan untuk harga lokal, dengan rasa yang sama, pengelola wisata buah manggaTrigatra membandrol harga Rp. 25 ribu dan Rp. 20 ribu perkilogram untuk ukuran kecil.

Wulan, salah satu pengunjung wisata buah mangga, asal kota Jember, mengaku sangat senang berkunjung ke Trigatra sebagai satu-satunya wisata buah yang ada di Kabupaten Situbondo itu. Wulan mengaku, setiap musim panen, ia bersama keluarga dan rekannya, selalu menyempatkan ke lokasi wisata buah mangga ini.

“Kalau di sini rasa mangganya terjamin mas, jadi tidak takut salah beli. Kalau beli di jalan-jalan atau di pasar itu, selain harganya sangat mahal dan rasanya pun kerap kali masam. Kalau di sini, selain kita bisa metik sendiri, rasanya juga mantap mas,” kata Wulan kepada Berita Rakyat.

Sementara Sodikin, salah satu staf PT. Trigatra yang juga penjaga wisata buah mangga mengaku pengunjung sangat antusias dan meningkat setap tahunnya. Menurutnya, wisata buah mangga ini baru dibuka tahun ini. Ke depannya, pihak pengelola akan menyajikan minuman mangga, keripik, dan jajanan seperti dodol mangga. “Pengunjung nanti akan dapat memasak olahan jajanan dari bahan mangga di lokasi wisata, secara langsung,” pungkasnya.

Reporter: Yons

Editor: Rony

Banner PDI







Loading...

#kebun mangga #situbondo #wisata baru

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply