Nilai Saham Tambang Emas Milik Pemkab Banyuwangi Mencapai Rp. 1 Trilliun

285 views
Abdullah Azwar Anas Bupati Banyuwangi bersama I Made Cahyana Negara Ketua DPRD dalam agenda rapat paripurna LKPJ Bupati Anggaran Tahun 2019

SAHAM. Abdullah Azwar Anas Bupati Banyuwangi bersama I Made Cahyana Negara Ketua DPRD dalam agenda rapat paripurna LKPJ Bupati Anggaran Tahun 2019. Kamis (20/6/2019), (Hariyadi)

KABARRAKYAT.ID – Naiknya harga emas berdampak pada harga saham perusahaan tambang emas. Seperti PT Merdeka Copper Gold Tbk, selaku induk PT. Bumi Suksesindo. Dan naiknya harga saham tersebut, menguntungkan pemerintah daerah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur selaku salah satu pemilik saham.

“ Diluar perkiraan kita, saat ini harganya  4280 per saham, dengan kepemilikan 229 juta saham, nilainya sudah hampir satu triliun, ngak ada saham Pemda yang secepat ini, ditempat lain butuh waktu lama , “ ucap Bupati H Abdullah AzwarAnas kepada wartawan usai sidang paripurna di gedung dewan, Kamis (20/6/2019).

Menurut Bupati Anas, dengan nilai saham yang terus meningkat, ada wacana beberapa fraksi di DPRD Banyuwangi yang berkeinginan melepas sebagian kecil saham Pemkab Banyuwangi di PT Merdeka Copper Gold tersebut.

“ Ini dewan sudah lama, dan berkali-kali minta sebagian kecil saham untuk dicairkan, monggo…kalau dewan memanifestasi atas nama rakyat atas tujuan untuk rakyat, kami siap selama DPRD mengirim surat resmi , “ jelas Bupati Anas.

Dan  surat permintaan resmi dewan terkait dengan pelepasan saham itu akan dilaporkan terlebih dahulu ke Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Jika disetujui, tentunya Pemda akan berkirim surat kepada Kejaksaan maupun aparat hukum lainnya untuk pendampingan, baik mulai proses pencairan sampai pengunaanya.

“ Ini bukan cairkan deposito, namun saham, kadang angkanya tinggi juga kadang rendah, selisih Rp. 100 saja nilainya bisa miliaran, maka harus ada pendampingan.. hal ini akan dilakukan jika dewan betul-betul ingin melepas saham tersebut , “ ungkap Bupati Anas.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Banyuwangi, I Made Cahyana Negara,SE mengatakan, pelepasan sebagian kecil saham Pemkab Banyuwangi di Merdeka Cooper Gold itu, baru sebatas wacana yang disampaikan oleh satu fraksi.

“Pendapat Bupati mencairkan saham tambang itu, berawal dari masukan fraksi Demokrat, kalau kita sih..Ok Ok saja, namun harus diputuskan terlebih dahulu di paripurna, apakah seluruh fraksi setuju pelepasan saham tersebut , “ ucap MadeCahyana.

Made Cahyana menegaskan, keputusan pelepasan sebagian kecil saham Pemkab Banyuwangi harus melalui rapat paripurna, karena harus ada kesepakatan bersama antara legislatif dan eksekutif.

“ Ini baru wacana … jika memang ditindaklanjuti, DPRD tentunya akan membahas lebih dalam dan pada endingnya melalui mekanisme rapat paripurna. Sepengetahuan kita baru satu fraksi yang berpendapat melepas saham, yakni fraksi Demokrat lainnya belum tahu, “ pungkas Ketua DPRD Banyuwangi.

Reporter : Hariyadi

Editor : Rony DE

#saham pemkab banyuwangi #saham tambang emas pemkab #tambang terbesar

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply