Oknum Caleg DPR RI PKS Kepergok Bagi APK di Masjid Bondowoso

1871 views
banner 468x60)
Oknum caleg pks

Foto: Keributan di masjid sempat diabadikan warga yang sedang menjemput anaknya. (Istimewa/Ifa)

“Yang bersangkutan sedang membagikan ke anak-anak atau siswa-siswi MI At-Taqwa Bondowoso, dan wali murid. Bahkan, dari tangan para siswa dan wali murid, dirinya menemukan banyak kartu, dan kemudian dikembalikan kepada yang membagikan”

KABARRAKYAT.ID – Seorang Caleg DPR RI Partai PKS Dapil 3 Jatim (Bondowoso, Situbondo Banyuwangi), yang diduga inisial SS (H. Sofyan Said) kepergok tengah membagikan Alat Peraga Kampanye (APK), berupa kartu pedoman nyoblos atau kartu pintar di dalam Masjid Agung At-Taqwa Bondowoso, Senin (1/4/2019).

Aksinya dipergoki oleh salah seorang Guru MI At-Taqwa Ustadz Eko dan Antok, satpam masjid Agung At Taqwa.

Eko, saat dikonfirmasi yang kebetulan ada di lokasi saat kejadian, mengatakan, bahwa bagi-bagi kartu itu terjadi sekitar pukul 06:00 sampai 06:30 WIB.

Ia mengaku menemukan sendiri, yang bersangkutan sedang membagikan ke anak-anak atau siswa-siswi MI At-Taqwa Bondowoso, dan wali murid. Bahkan, dari tangan para siswa dan wali murid, dirinya menemukan banyak kartu, dan kemudian dikembalikan kepada yang membagikan.

“Saya Jaga pintu masuk itu, setelah jaga ada perwakilan wali murid menyerahkan kartu kecil itu (kartu identitas Caleg, red). Pas tau, ya saya suruh keluar saja, ‘ayo keluar saja pak, ini bukan tempatnya.’ Ini masjid sama lembaga pendidikan. saya keluarkan, saya manggil pak Satpam,” jelasnya.

Senada disampaikan oleh Totok, tukang hantar siswa-siswi MI At-Taqwa menjelaskan, bahwa orang yang membagikan kartu tersebut, persis seperti yang ada di gambar.

Satpam masjid

Foto: Satpam masjid bersama petugas menunjukan kartu caleg.

“Orangnya yang ada di gambar ini, pakai kacamata. Dua orang, bawak mobil. Tukang becak dan pedagang dapat tadi,” katanya, sambil menunjuk foto Caleg yang ada dalam kartu yang diterimanya.

Adapun APK yang dibagikan, berupa kartu pedoman, mirip kartu nama, lengkap dengan foto Caleg, logo partai, nomor urut, dan gambar surat suara, serta berbagai keterangan lain yang isinya adalah kampanye.

Sementara itu, Bashori, Komisioner Bawaslu, dikonfirmasi melalui sambungan telpon, bahwa pihaknya telah mendapatkan informasi dari masyarakat terkait hal tersebut. Namun demikian, Bawaslu masih akan mengkaji itu.

“Tadi saya dihubungi sama temen kalau itu. Ini kan masih mau kita kaji di tingkatan komisioner untuk tindak lanjutnya. Tapi kalau nanti memenuhi unsur pasti akan kita tindak. Pasti,” tegasnya.

Namun Ia menegaskan bahwa memang ada beberapa lokasi yang dilarang untuk dijadikan sebagai lokasi kampanye. Diantaranya, seperti lembaga pendidikan dan masjid atau tempat ibadah.

“Yaa yang dilarang kampanye itu di tempat pendidikan, masjid juga. Makanya kita kan masih klarifikasi nanti kan. Kita akan panggil, apakah itu memang calegnya, atau orang lain, atau bagaimana, kan begitu,” pungkasnya.

Reporter : Ifa

Editor : Richard

banner 468x60)

#bagi kartu pintar #masjid bondowoso #oknum caleg PKS

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply