Jumat, November 27, 2020
Beranda JATIM JEMBER Okupansi Meningkat KAI Operasikan Tiga KA, November "Apa Saja"

Okupansi Meningkat KAI Operasikan Tiga KA, November “Apa Saja”

REPORTERHariyadi

KABAR RAKYAT – Peningkatan okupansi pelanggan Kereta Api meningkat di DAOP 9 Jember. Tanda positif ini sejak KAI telah beroperasi bulan, Juni 2020 lalu. Bahkan tiga kereta api tambahan segera dioperasikan bulan November ini.

Data terbaru, peningkatan okupansi atau hunian dari bulan Agustus ke September meningkat sebesar 12 persen, atau setara meningkat 5.338 pelanggan.

Agus Berkah Nugraha, Vice President Daop 9 kepada wartawan mengatakan seiring meningkatnya okupansi pelanggan kereta api, maka Daop 9 akan menambah operasional Kereta Api.

Baca : Berikut Keunggulan Smart Kampung Hadapi Pandemi

“Operasional Kereta Api yang akan dioperasikan antara lain: KA. Ranggajati, KA. Wijayakusuma, dan KA. Logawa,” ucap Agus Barkah Nugraha, Sabtu (31/10/2020).

Agus Barkah menambahkan, Penambahan perjalanan tiga kereta api tersebut, kata Agus Berkah, Kereta Api akan beroperasi pada bulan November.

Ditambahkan Agus Berkah, operasional kereta api tersebut hanya beroperasi pada tanggal tertentu saja. Berdasar data di bulan September, terjadi peningkatan sebesar 36 persen setiap akhir pekan, meningkat 514 penumpang dibanding hari biasa sebanyak 1.438 pelanggan.

Baca : Jeep Angkut Tim Verifikasi Destinasi Sehat Terjebak Banjir di Alas Sukamade

“Operasional KA Ranggajati dan KA Wijayakusuma pada akhir pekan, untuk KA Logawa operasionalnya setiap selasa dan rabu,” tambahnya.

Selama beroperasi, KAI Daop 9 Jember akan mewajibkan para pelanggan untuk mentaati protokol kesehatan. “Mulai menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan ditempat yang disediakan ataupun menggunakan handsanitizer,” tegas Agus Berkah.

Untuk pelanggan KA jarak jauh diwajibkan menunjukkan dokumen kesehatan berupa Rapid-test atau surat bebas gejala influenza, serta menggunakan faceshield selama berada diatas KA hingga tiba di tujuan.

Baca : Warung Mpok Bejo Kediri Siapkan 100 Porsi Makan Gratis

Terkait dokumen kesehatan, Agus menyarankan pelanggan untuk melakukan Rapid Test selambatnya H-1 tanggal keberangkatan. Karena jika dilakukan pada hari keberangkatan, pelanggan akan terburu-buru karena diharuskan mengantre terlebih dahulu.

Daop 9 Jember, imbuh Agus, telah menyediakan layanan rapid tes, di Stasiun Ketapang dan Stasiun Jember. Penyediaan layanan rapid test bertujuan mendukung kebijakan pemerintah di masa adaptasi kebiasaan baru serta memudahkan pelanggan. Sehingga tidak perlu mencari tempat Rapid Test di luar.

KAI secara konsisten menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada perjalanan Kereta Api. Tujuannya untuk menjadikan Kereta Api sebagai mode transportasi yang aman, nyaman, selamat, dan seluruh pelanggannya sehat sampai di tujuan.

Bagi para calon penumpang yang akan menggunakan transportasi KA, Agus menyarankan untuk melakukan pemesanan secara online pada H-14 keberangkatan melalui aplikasi KAI Access ataupun website resmi kai.id, serta mitra ekternal yang telah bekerjasama dengan KAI.

Baca : Situs Ndalem Pojok Persada Soekarno Gelar Upacara

Aplikasi KAI Access ini dapat diunduh melalui googleplaystore untuk android, dan appstore untuk pengguna ios. “Untuk mengurangi kontak fisik, kami sarankan pelanggan agar melakukan pemesanan online. Baik melalui aplikasi KAI Access di smartphone, situs resmi kai, ataupun mitra eksternal,” jelasnya.

Dalam penerapan beberapa kebijakan tersebut, jajarannya akan melakukan evaluasi sesuai dengan perkembangan dan situasi dilapangan, seiring pencegahan penyebaran Covid-19 yang terus dilakukan PT KAI Daop 9 Jember.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai perjalanan KA reguler di Daop 9 Jember, dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di (021)121, dan email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.***

EDITORSetiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca