Ombak Besar dan Banjir ROB Terjang Pantai Cacalan Banyuwangi

  • Whatsapp
Kondisi pedagang di Pantai Cacalan

KABAR RAKYAT – Gelombang pasang disertai ombak besar dengan ketinggian 2 – 3 m sejak bulan Juni di pesisir pantai Selatan Pulau Jawa jadi ancaman nelayan dan pelaku wisata pantai. Termasuk ancaman banjir Rob.

Salah satu yang terdampak banjir Rob, adalah Pantai Cacalan, lingkungan Sukowidi Kel. Klatak Kec. Kalipuro, Banyuwangi.

Read More

Akibatnya selain abrasi serta menghancurkan tanggul penahan ombak buatan warga,ada beberapa fasilitas milik pedagang wisata yang ikut rusak dari hantaman banjir Rob ini.

“Ada 2 warung yang rusak parah terkena banjir rob dan 6 warung lainya ikut terendam,” ungkap P. Darmawan (52) salah satu pemilik warung tersebut.

Menurutnya, kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. “Kami khawatir, tidak bisa berjualan kembali saat pantai ini (cacalan) dibuka kembali sebagai tempat wisata,” imbuhnya.

Selain warung-warung ada beberapa fasilitas wisata yang terkena luapan bah air laut ini. Seperti kantor Pokmas Wisata Pantai Cacalan serta beberapa Spot photo yang menjadi favorite pengunjung.

“Juga beberapa Gazebo dan payung-payung tempat santai wisatawan tak luput terkena imbas banjir Rob hari ini, ungkap Arif Mursidi (39), salah satu penduduk sekaligus Ketua Pokmas Wisata Pantai Cacalan.

Menurut Arief, banjir ROB terjadi setiap tahun antara bulan Juni dan Juli. Sampai hari ini ombak pasang masih terjadi.

“Pengelola dan pedagang wisata berusaha bergotong royong bersama warga dibantu Polairud Polresta Banyuwangi dan Babinsa setiap pagi bersih-bersih sampah laut yang terbawa ombak pasang. Agar tidak semakin membawa dampak kerusakan terhadap fasilitas wisata dan aset warga Cacalan,” pungkas arif Menutup perbincangan.

Banjir Rob (dalam bahasa jawa) adalah banjir air laut atau naiknya permukaan air laut. Rob adalah banjir yang diakibatkan oleh air laut yang pasang yang menggenangi daratan, yang terjadi di daerah yang lebih rendah dari muka air laut.***



Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *