Pabrik Aqua Banyuwangi Harus Berkesan Arsitek Lokal

191 views
banner 468x60)
pabrik aqua copy

Foto: Pembangunan pabrik Aqua di Banyuwangi (Fattahur)

KABARRAKYAT.ID – Investasi pembangunan berskala besar di Banyuwangi harus mampu mengadopsi arsitektur budaya lokal. Tidak hanya perhotelan saja, Pabrik Aqua di Desa Benelan Kidul, Kecamatan Singojuruh juga harus memasukkan unsur budaya dan kearifan lokal dalam pembangunan.

Dijelaskan Asisten Administrasi Pemerintahan Kabupaten Banyuwangi, Choiril Ustadi Yudawanto, kegiatan investasi yang didirikan di Desa Benelan Kidul, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi tersebut sebenarnya tahapannya sudah selesai semua.

“Kalau kegiatan investasi itu sebenarnya sudah selesai semua tahapannya, hingga melihat tata ruang sudah ok, tahapannya ok, termasuk masyarakat sekitar juga ok, kita jalan,” kata Ustadi, Jum’at (8/3/2019).

Diakuinya, proses kontruksi Pabrik Aqua ini sudah berjalan, namun memang masih menunggu proses IMB desai baru

“Kami berharap, konsep semua bangunan skala besar harus mangakomodir atau mengadopsi arsitektur budaya lokal,” harapnya.

Setelah semuanya selesai, pihak perusahaan juga harus mengakomodir kepentingan masyarakat, khsususnya masyarakat sekitar perusahaan air mineral tersebut.

Asisten pemerintahan

Asisten Administrasi Pemerintahan Kabupaten Banyuwangi, Choiril Ustadi Yudawanto

“Perusahaan punya kewajiban CSR dan mengakomodir kepentingan masyarakat sekitar, baik tenaga kerja, macam-macam pasokan, dan lainnya, itu pasti sudah harus dilakukan pihak perusahaan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang (Kabid) Perijinan Dinas Penanaman Modal Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Banyuwangi Tri Setyo menyatakan berdirinya Pabrik Aqua di Desa Benelan Kidul, Kecamatan Singojuruh itu beberapa proses perzinananya sudah terpenuhi.

“Beberapa berkas perijinan untuk Pabrik Aqua itu sudah masuk ke Perijinan. Seperti izin lokasi, IPPT dan rekom dari dinas terkait,” kata Tri, Selasa (26/2/2019).

Dijelaskan Tri, sebelum pabrik tersebut dibangun tentunya pihak managemen perusahaan harus melalui beberapa tahapan administrasi termasuk sosialisasi. Izin lokasi, Izin Peruntukan Penggunaan Tanah (IPPT) yang dikeluarkan atas rekomendasi dari DPU Pengairan, Dinas Pertanian, dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) setempat.

“Perijinan dan rekomendasi dari dinas-dinas terkait itu dibutuhkan karena letak atau tempat berdirinya pabrik Aqua tersebut berada di area persawahan dan pengairan yang disebut dengan koversi lahan. Dari lahan persawahan menjadi lahan darat,” jelasnya.

Kemudian, lanjut Tri, sebuah perusahaan tentu harus memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP). Izin-izin tersebut dikeluarkan setelah pihak perusahaan terlebih dahulu memenuhi Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalalin) dan rekomendasi dari Dinas Lingkungan Hidup terkait UKL- UPL (Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan) atau amdalnya.

Reporter : Fattahur

Editor : Richard

banner 468x60)

#air mineral #investasi banyuwangi #pabrik baru

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply