Sunday, November 1, 2020
Home JATIM BANYUWANGI Pagelaran Wayang Kulit Tutup Pameran Kepurbakalaan Banyuwangi 2020

Pagelaran Wayang Kulit Tutup Pameran Kepurbakalaan Banyuwangi 2020

REPORTERYusuf
- Advertisement -

KABAR RAKYAT – Pagelaran wayang kulit menutup serangkaian acara Pameran Kepurbakalaan Banyuwangi tahun 2020 digelar tiga hari di Pelinggihan Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banyuwangi.

Hiburan seni budaya  wayang kulit dari Kelompok Seni Sanggar Budaya Singo Kubro pimpina Dalang Ki Mudho Juwito Gendheng yang memainkan lakon ‘Wahyu Husada Jati’, menandai kesuksesan acara tersebut.

Baca: Perupa Banyuwangi On The Spot di Pameran Kepurbakalaan

Sekedar tahu jalan cerita singkatnya. Dalam bahasa Jawa Pewayangan menyebut Wahyu Husada Jati – Ngamarto rembug wong tanah jowo koncatan pusoko sing biso ngucap. Biso usodo yen kawulo biso manunggal. Rukun kanti mboyong simbule wong tanah jowo ora liyo ki lurah Semar.

Kepala Disbudpar Provinsi Jawa Timur, Sinarto, S.Kar.MM. didampingi Kepala Disbudpar Kabupaten Banyuwangi MY.Bramuda S.Sos.,MM membuka pertunjukan wayang kulit dan menutup Pameran Kepurbakalaan.

Maknanya dalam bahasa Indonesia, bahwa di Negara Amarta ada musyawarah yang pada intinya masyarakat tanah jawa kehilangan pusaka yang bisa berbicara. Pusaka bisa kembali bila masyarakatnya bisa rukun dan membawa simbol masyarakat tanah jawa, yaitu kiai lurah Semar.

Baca: Pertandingan Gobak Sodor di Bondowoso Dibubarkan Polisi

Pagelaran wayang kulit, dibuka Kepala Disbudpar Provinsi Jawa Timur, Sinarto, S.Kar.MM. Ditandai penyerahan Simbol Gunungan kepada Kepala Disbudpar Kabupaten Banyuwangi MY.Bramuda S.Sos,MM. Sekaligus penutup Pameran Kepurbakalaan Banyuwangi 2020.

Penabuh gamelan dari Kelompok Seni Sanggar Budaya Singo Kubro

Dalam catatan yang dikumpulkan wartawan Kabar Rakyat, Wayang adalah seni pertunjukan asli Indonesia yang berkembang pesat di Pulau Jawa dan Bali. Warisan leluhur ini juga populer di Sumatra dan Semenanjung Malaya.

UNESCO, salah satu lembaga membawahi kebudayaan di dunia dari PBB, pada tanggal 7 November 2003 telah menetapkan seni budaya wayang kulit Indonesia sebagai pertunjukan bayangan boneka tersohor dari Indonesia.

Baca: Tak Bermasker, Warga Bondowoso Disanksi Bersihkan Pemakaman

Sebuah warisan mahakarya dunia yang tak ternilai dalam seni bertutur (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity).***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca