Gubernur Minta Bupati Probolinggo Garap Pertanian

  • Whatsapp
Gubernur Jawa Timur
Gubernur Jawa Timur

Foto : Gubernur Jawa Timur Soekarwo (Ft. Istimewa)

KABARRAKYAT.IDGubernur Jawa Timur Soekarwo akrap dipanggil Pakde Karwo, meminta bupati Probolinggo fokus garap sektor pertanian. Permintaan itu diungkapkan gubernur saat memberi sambutan di acara Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Probolinggo dalam agenda Setijab Bupati terpilih.

Soekarwo nampaknya cukup senang melihat perkembangan pembangunan di Kabupaten Probolinggo. Khususnya disektor pendidikan yang dari tahun ke tahun menunjukan kemajuan signifikan. Kondisi dunia pendidikan di Kabupaten Probolinggo mendorong indeks pembangunan manusia cukup besar dibandingkan 15 tahun sebelumnya.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutanya pakde Karwo mengakui angka pengangguran di Kabupaten Probolinggo hanya 2,82 persen. Angka ini membuat dirinya bangga atas capaian menekan jumlah pengangguran.

“Saya berterimakasih angka penggangguran disini cuma 2,82 persen. Dan pendidikan disini mengalami kemajuan pesat, “Kata Soekarwo dihadapan undangan Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Probolinggo, Kamis (27/9/2018).

Pakde Karwo juga mendengar 9 Nawa Cita bupati Tantriana Sari SE untuk menjalankan visi misinya sebagai bupati terpilih.
” Capaian pembangunan bupati sudah bagus. Cuma saya minta bupati fokus di sektor pertanian. Sebab 70 persen penduduk disini petani. Hanya 35,8 persen saja mereka menikmati kue pembangunan. Apa yang ditangani adalah pasca panen. Jangan produksi panen dijual ke perusahaan besar tetapi kita dorong ke Gopoktan, “pintanya.

Gubwrnur Jawa Timur meminta Bupati selaku pengelola keuangan sebagaimana amanat Undang-undang menguatkan sektor anggaran di pertanian. Menggandeng BPR, koperasi untuk mendorong petani mengelola hasil panen IKM dan UKM.

” Potensi pertanian di Probolinggo luar biasa. Hasil petani jangna dijual ke perusahaan besar tetapi diolah melalui IKM. Produk kentang Bromo bisa dibuat kripik, Susu segarbdari Krucil, kopi asal Tiris diolah dulu sehingga nilainya bisa 900 kali dan ini yang membuat petani untung, “kata pakde Karwo.

Cara pengolahan pasca panen ini lebih baik daripada penggemukan sapi yang cukup membeli sepeda motor. Atas pertimbangan itu gubernur meminta bupati Probolinggo fokus sektor pertanian.
” Anggaran pertanian dan modal petani segera direalisasikan jangan lebih 6 persen tetapi 2 persen dibawah inflasi,”imbuhnya.

Reporter :  Richard
Editor :  Choiri

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *