Panwascam Menegur Anak Dibawah Umur Ikut Kampanye

200 views
banner 468x60)

banner 468x60)
anak dibawah umur

Foto: aksi pelajar MTS di acara kampanye akbar di Banyuwangi. (Jaenudin)

KABARRAKYAT.ID – Bawaslu melalui Panwascam Pesanggaran, Banyuwangi menegur anak dibawah umur, karena menggunakan atribut kampanye, saat digelar kampanye akbar capres nol dua, di Lapangan Sumbermulyo, Banyuwangi, Jum’at (12/4/2019).

“Sesuai aturan pemilu, tidak boleh melibatkan anak anak yang masih bawah umur yang di ikutkan berkampanye,” kata Santoso pada wartawan.

Petugas pengawas pemilu 2019 itu, meminta mereka keluar arena kampanye dan diberi nasehat agar tidak mengulangi. Salah satunya, inisial DMS (14) mengaku datang bersama teman. Iapun tidak tahu, ada larangan seusianya ikut kampanye. Karena hanya disuruh sekolah, MTS ASW Sarimulyo Cluring.

“Saya disuruh Aba (sebutan salah satu pengasuh podok pesantren, red),” kata DMS.

Sedangkan mulai dari sekolahan sudah di beri kaos kampanye bertuliskan angka nol dua. DMS pun mengaku diberi uang transport datang ikut meriahkan kampanye.

anak dibawah umur1

Foto : Beberapa pelajar MTS pakai atribut kampanye. (Jaenudin)

Ketika di konfirmasi Divisi Humas Panwaslu Kecamatan Pesanggaran Santoso membenarkan sudah menegur anak pelajar dibawah umur menggunakan atribut kampanye. Oleh petugas mereka dihimbau keluar arena kampanye, karena usianya tidak mencukupi. Bahkan petugas pengawasan pemilu sempat ada yang mengambil video pengakuan anak usia bukan pemilih.

Dengan ada banyak anak usai dibawah pemilih hadir ke kampanye akbar itu. Apa lagi masih usai sekolah bukan pemilih, Panwaslu di Kecamatan Pesanggaran sudah melakukan pencegahan ke pada anak-anak dan dewan gurunya.

Baca juga:

“Kami menghimbau kepada anak-anak harus keluar dari lapangan  kampanye. Dan melarang jangan ikut-ikutan berkampanye, karena masih dibawah umur,” ungkap Santoso.

Dengan adanya pencegahan ini, Panwascam Pesanggaran berhasil mengarahkan anak-anak tersebut, tidak ikut berkampanye lagi.

Hingga kini, belum ada penjelasan dari H Naufal Badri Ketua Badan Pemenangan Kabupaten Banyuwangi belum berhasil dikonfirmasi.

Reporter: Jaenudin

Editor: Choiri

banner 468x60)

#Banyuwangi #Bawaslu #kampanye akbar pesanggaran #panwascam pesanggaran

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply