Pasangan Tua Renta di Simbar Ini Tak Lagi Dibantu Pemerintah

452 views
Potret Wong Cilik di Simbar (2) copy

Foto: Nenek Sumiati potret miskin di Desa Tampo, Cluring. Tetap tersenyum meski hidup serba kekurangan. (Jaenudin)

Potret Kemiskinan di Desa Tampo, Banyuwangi

KABARRAKYAT.ID – Rumah tinggal pasangan kakek dan nenek, Iksan (70) dan Sumiati (65) di  Dusun Simbar II, Rt 2 Rw 2 Desa Tampo, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi, terlihat rapuh dan hanya tinggal menunggu waktu dan kondisinya sangat memprihatinkan.

Kontruksi rumahnya rapuh karena dimakan waktu, sudah tidak tahan saat hujan dan angin. Kondisinya bocor saat hujan. Ironisnya, mereka berdua sudah tidak masuk usia produktif dan tak memiliki penghasilan lagi, mereka menggantungkan kerja bantuan kerabat dan orang lainnya.

Tanggapan warga sekitar, misalnya Imam Qurtubi  (50) warga Dusun Simbar II, mengatakan memang benar rumah pasangan suami istri milik Sumiati dan Iksan atap rumah parah sekali. Karena rumah milik pasangan suami istri tersebut, kalau dilihat memang sangat memprihatinkan sekali, mulai bahan kayu dan genteng semua rusak bocor.

Baca juga:

“Yang perlu rehabilitasi adalah atap rumahnya. Apa lagi, saat ini musim hujan yang jelas semua genteng bocor,” ungkap Imam Qurtubi.

Rencana warga sekitar akan membantu dengan cara swadaya untuk rehabilitasi rumah tersebut. Iksan dan Sumiati, memiliki dua anak, satu anak kondisinya sakit jiwa dan yang satu anak berada di Surabaya.

Ketia dikonfirmasi Pasangan suami istri Sumiati mengatakan memang benar mas, rumah ini milik saya sendiri. Kalau bangunan atapnya sudah banyak yang rapuh dan bocor gentengnya.

“Saya memang pernah dapat bantuan dari pihak pemerintah tapi tahun yang lalu. Tapi sekarang ini belum  dapat bantuan dari pemerintah daerah dan dari desa sama sekali,” kata Iksan.

“Dan salah bantuan mulai bantuan rantang kasih dan kartu PKH dari pemerintah pusat tidak ada yang dapat,” pungkasnya.

Reporter: Din/Jaenudin

Editor: Choiri

Banner PDI







Loading...

#Cluring Banyuwangi #Desa Tampo #Potret Miskin

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply