Pasrujambe Lumajang Gelar Tradisi ‘Ngokop’ 1000 Cangkir

Bupati Lumajang ThoriqulBupati Lumajang Thoriqul Haq menikmati kopi produk asli Pasrujambe

KabarRakyat.ID – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Lumajang (Harjalu) Kecamatan Pasrujambe Kabupaten Lumajang menggelar budaya lokal, bertajuk “Ngokop” Ngombe Kopi 1000 Cangkir bersama Bupati dan Wakil Lumajang dan bazaar guna mengenalkan produk hasil bumi olahan seperti kopi, kripik pisang, kripik tales dan berbagai macam produk hasil pertanian dan perkebunan asli setempat.

Kegiatan ini juga dimeriahkan berbagai macam kesenian tradisional seperti tari Glipang, Jaran Slining dan Reog Pasrujambe Minggu (01/12).

Camat Pasrujambe Dian Nurwisuda H. Kurniawan Pamujo S.PSI.MM mengatakan kegiatan ini diselanggarakan bertujuan untuk mendekatkan antara para petani, penikmat kopi Lumajang agar produk kopi asli Pasrujambe bisa lebih dikenal lebih luas.

“Berbagai jenis kopi yang ada diwilayah kecamatan Pasrujambe, seperti kopi jenis Robusta dan kopi jenis nangka dimana rasa dan aroma kopinya cukup kuat,” jelasnya.

Ia menambahkan, Kecamatan Pasrujambe tidak saja penghasil kopi namun juga penghasil pisang Agung.

Beragam jenis hasil bumi seperti kopi yang kini lagi naik daun. Untuk sekarang inipengrajin masih memproduksi kopi memenuhi pasar lokal namun ada juga yang dikirim kebeberapa daerah luar Lumajang. Lebih lanjut Iwan menjelaskan, ada beberapa hambatan yang dialami pengrajin produksi kopi yakni pangsa pasar yang belum meluas. Ada beberapa pengrajin produksi kopi yang sudah melayani pembilan lewat Online. Selain pangsa pasar, hambatan lainnya adalah hak paten, dimana pengrajin akan mendaftarkan merknya ternyata merk yang akan didaftarkan sudah dimiliki daerah lain.

”Jika merk sudah dimiliki daerah lain jalan satunya –satunya berganti merk dan mengurus perijinan baru, namun perijinan usaha ini tidak terlalu sulit,untuk mengurus usaha perijinan UMKM sekarang ini bisa dilayani dikecamatan,” ujarnya.,

Sementara itu, Andi Dwiyanto (38) warga Desa Jambe Arum Kecamatan Pasrujambe Kabupaten Lumajang mengungkapkan, dirinya sangat senang ada kegiatan seperti ini. Menurutnya, diselenggarakannya kegiatan ini sebagai upaya untuk mendekatkan antara para petani, penghobi dan penikmat kopi dikecamatan Pasrujambe.

Harga barang dan produksi kopi yang dikemas berbagai ukuran ditawarkan dalam bazaar sangat beragam,dan harganya sangat terjangkau. Belasan peserta turut memeriahkan pameran dan bazar produk pertanian itu. Dengan diselenggarakannya kegiatan itu diharapkan dimasyarakat diwilayah kecamatan Pasrujambe mampu mewujudkan program pemerintah dalam bidang pertanian dan perkebunan.

Pantauan dilokasi, berbagai stand sudah dipenuhi berbagai hasil pertanian dan perkebunan juga stand buah dan juga beberapa Usaha Kecil Menengah (UKM) juga menggelar hasil produksinya dari pernik-pernik kerajinan tangan hingga berbagai macam produk camilan kering.

Reporter : ulum subekti

Editor : Setiawan

banner 970x90









Loading...

#hari jadi lumajang #lumajang kab

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply