Thursday, August 13, 2020
Home HOT NEWS Pekerja Seni ‘Sor Terop’ Kediri Demo di DPRD Kabupaten

Pekerja Seni ‘Sor Terop’ Kediri Demo di DPRD Kabupaten

REPORTERJin
“Kabupaten Kediri masih berada di zona oranye, sehingga masih belum boleh adanya kerumunan di masyarakat. Izin akan diberikan setelah masuk zona kuning”

KABAR RAKYAT – Ratusan pekerja seni yang tergabung dalan Aliansi Pekerja Seni Sor Terop Kediri menggelar aksi demo di depan Gedung DPRD Kabupaten Kediri, Kamis (30/7/2020).

Massa menuntut agar mengijinkan mereka bekerja kembali. Karena selama pandemi Covid-19, para pekerja seni tidak bisa tampil karena masih ada pembatasan.

Puluhan mobil dan truk mengangkut sound system, dan hembusan musik cadas menambah suasana jadi perhatian masyarakat. Sehingga suasana menjadi ingar bingar seperti pasar malam. Mereka juga membentangkan beberapa poster tuntutan.

Dalam orasinya, Ridwan, Korlap Aksi, menuntut agar Bupati Kediri mengizinkan para pekerja seni untuk bisa bekerja lagi. “Sudah 5 bulan ini, kami menganggur dan tidak ada pemasukan sama sekali. Kami ingin bekerja lagi. Kami tidak ingin menggantungkan hidup kami kepada bantuan,”teriak Ridwan.

Perwakilan mereka akhirnya diterima oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kediri untuk berdialog di Ruang Kilisuci Pemkab Kediri.

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kediri, Slamet Turmudi menjelaskan bahwa Kabupaten Kediri ini masih di zona oranye. Karena masih di zona oranye, maka di Kabupaten Kediri belum boleh ada acara yang bisa mendatangkan banyak orang.

“Kabupaten Kediri masih berada di zona oranye, sehingga masih belum boleh adanya kerumunan di masyarakat. Izin akan diberikan setelah masuk zona kuning. Itu pun harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” kata Slamet Turmudi, juga Plt. Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kediri.

Dialog berlangsung alot, karena Tim Gugus Tugas tetap bersikukuh bahwa di zona oranye belum boleh ada kerumunan, sehingga belum bisa memberikan izin pertunjukan.

Lain pihak, perwakilan Aliansi Pekerja Seni Sor Terop Kediri tetap menuntut agar diberikan izin untuk menggelar pertunjukan meski tetap dibatasi dan menerapkan protokol kesehatan.

Karena tidak ada titik temu, maka Aliansi Pekerja Seni Sor Terop Kediri mengancam akan datang lagi dengan massa yang lebih banyak.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER