Jumat, November 27, 2020
Beranda JATIM BANYUWANGI Pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dapat Bantuan Rp. 10 M

Pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dapat Bantuan Rp. 10 M

KABAR RAKYAT – Kabupaten Banyuwangi bakal menerima bantuan dana Rp. 10 miliar dari pemerintah pusat untuk dialokasikan kepada pelaku usaha pariwisata dan program pelatihan kewirausahaan di Banyuwangi.

Sektor pariwisata di Banyuwangi yang dibangun dengan kerja keras harus tetap dijaga sebagai kekuatan fundamental ekonomi. Dampak pandemi Covid-19 memang berpengaruh besar kepada pelaku usaha perhotelan dan ekonomi kreatif.

Recovery di tengah pandemi menjadi fokus kita bersama bagaiamana iklim usaha pariwisata tetap berjalan. Dalam waktu dekat, kata Bupati Abdullah Azwar Anas, akan dikucurkan bantuan stimulus sebesar Rp. 10 miliar untuk pelaku usaha perhotelan.

Baca : Wagub Emil Harap Relevansi Santri Mampu Tingkatkan Daya Saing Digital Ekonomi

“Sisanya, untuk program pelatihan peningkatan sumberdaya manusia bidang ekonomi kreatif,” kata Bupati Abdullah Azwar Anas saat membuka pameran lukisan di sebuah hotel di Banyuwangi , Rabu malam (28/10/2020).

Bupati Anaz mengapresiasi komunitas perupa Banyuwangi yang berani trobosan di tengah krisis pandemi Covid -19. Kehadiran Bupati Anas yang baru terima penghargaan predikat terbaik kinerja pemerintahan Banyuwangi dari Presiden RI ini sengaja hadir menyemangati kreativitas dan produksifitas perupa.

“Konsep kolaborasi perupa dan hotel sangat menarik dan memiliki nilai jual. Disisi lain akan meningkatkan tamu hotel dengan even seni dan kebudayaan di hotel termasuk kuliner khas Banyuwangi. Nanti kita ajak bareng-bareng semua hotel menggelar pameran lukisan secara bergiliran,” tandas Abdullah Azwar Anas.

Baca : Wisata Seladaan Banyuwangi Menyajikan Keindahan Alam Menyegarkan Mata Para Traveller

Sementara itu Ketua Pembina Perupa Banyuwangi, Kombes. Pol. Arman Asmara Syarifuddin,SH, S.I.K, MH, turut hadir di acara pameran lukisan terus menginiasi agar pelukis asli Banyuwangi tetap berkarya.

Malahan orang nomor satu di Polresta Banyuwangi ini, memfasilitasi gedung Bhayakara sebagai rumah produksi. “Ini moment bagus kita bisa berkumpul dan berkarya. Saya menginisiasi gedung Bhayangkara bisa dimanfaatkan perupa Banyuwangi berkegiatan. Tempat itu bisa digunakan tempat produksi kawan-kawan perupa,” kata kombes.Pol.Arman Asmara Syarifuddin.

Mendengar dibantu fasilitas oleh Kapolresta Banyuwangi, Mozes Misdy pelukis legendaris bumi Blambamgan langsung sumringah. Apalagi, gedung itu bisa digunakan perupa 24 jam untuk mengeksplore karya lukisan.

Baca : Desa Munjungan Trenggalek Diterjang Banjir

Sak umur-umur baru sekarang ini perupa Banyuwangi difasilitasi tempat yang luas. Gedung Bhayangkara ini dulu pernah saya gunakan untuk pameran tahun 90- an silam,” kata Mozes Misdy yang karyanya sudah diakui kolektor luar negeri.

Mozes berharap even- even pameran di Banyuwangi bisa berkelanjutan dan saling bersinergi dengan pelaku usaha jasa parawisata. Sebab kata dia, antara karya seni saling terkait dengan kunjungan wisata.

Pameran lukisan di hotel Aston diikuti puluhan perupa yang sudah memiliki jam terbang tinggi, diantaranya Mozes Misdy, N. Kojin, Windu Pr dan kawan-kawan.***

EDITORChoiri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca