Pembuangan Sampah Bulusan Masuk Titik Jenuh

170 views
banner 468x60)

Tempat Pembuangan Sampah Akhir di kawasan Bulusan, Kalipuro sudah masuk titik jenuh (ft.Hariyadi)

KABARRAKYAT, BANYUWANGI – Rencana Pemkab Banyuwangi untuk membuka lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di kelurahan Bulusan, Kecamatan kalipuro hingga kini juga belum terealisasi.

Rentang kondisi terkini TPA Bulusan terancam overload, jika rata-rata sampah dari 13 kecamatan yang masuk ke TPA Bulusan sebanyak 600 Ton per hari.

“Pemda Banyuwangi saya minta cepatnya merealisasikan lahan cetak TPA Bulusan, saat ini untuk turun sampah satu Truk Dumung saja sudah repot, coba sampeyan lihat ketinggian dari permukaan tanah hamper 15 Meter, ini rawan longsor,” ucap Ketua Komisi IV DPRD Banyuwangi saat melakukan tinjau lapang ke TPA Bulusan, Selasa (20/3/2018).

Baca juga:

Menurut Salimi. Luas lahan TPA Bulusan yang hanya 1,5 Ha ini. Diprediksi hanya mampu menampung sekitar 2 (dua) bulan kedepan. Pemda Banyuwangi melalui Dinas Lingkungan Hidup Informasi Cepat dan Cepat Lacak lahanTPA Bulusan, jika tidak dikhawatirkan Piala Adipura yang selama ini kita raih akan lepas hanya gara-gara TPA penuh.

“Jangan sampai gara-gara TPA, Piala Adipura yag kita raih dengan susah payah, tahun 2018 gagal di peroleh kembali,” tegas Salimi.

Selain itu, TPA, legislator dari fraksi PDI-Perjuangan,, dan lain-lain dengan kondisi mesin pengolahan sampah di TPA Bulusan yang membeli kurang baik perawatan dari dinas terkait.

“Mesin pengolahan sampah, saya lihat kurang difungsikan, perawatannya kurang baik,” tegasnya.

Salimi menambahkan, jika mesin pengolahan sampah di TPA Bulusan dapat bekerja dengan baik, dapat membantu mengurangi volume sampah. Dan yang perlu di ingat, kegiatan pengolahan sampah di TPA menjadi salah sati item Ratu Adipura.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Banyuwangi, Chusnul Khotimah saat ini mengatakan, pengambilan tanah untuk menggali lahan TPA sampah Bulusan, sudah 3 kali, dilakukan selalu. Karena pemilik lahan menganggap harga lahan belum sesuai dengan yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah.

Reporter: Hariyadi

Editor: coi / Choiri

banner 468x60)

#Banyuwangi #lingkunganhidup #tpabulusan

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply