Pemda Harus Dorong Desa Relokasi APBDes untuk Covid-19

  • Whatsapp
Ficky DPRD
Ketua Fraksi PDI Perjuangan Ficky Septalinda

Kabar Rakyat – Fraksi PDI Perjuangan DPRD Banyuwangi meminta Pemerintah Daerah (Pemda) mendorong desa agar segera merelokasi atau mengalihkan APBdes untuk pencegahan dan penanganan Coronavirus Disease (Covid-19).

Fraksi PDI Perjuangan, mendapatkan informasi, anggaran penanganan covid-19 yang dialokasikan pemerintahan desa di Banyuwangi besaranya masih variatif.

Read More

banner 645x400

“Ada yang menanggarkan cukup besar, namun nggak jelas peruntukannya. Tetapi juga ada desa yang mengalokasikan kecil,“ ucap Ficky Septalinda Ketua fraksi PDI-Perjuangan kepada Kabar Rakyat, Senin (6/4/2020).

Menurut Ficky, ada salah satu desa yang menyampaikan bahwa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) hanya sekedar menginstruksikan untuk mengalokasikan anggaran penanganan covid-19.

“ Saya dengar dari salah satu desa, DPMPD itu hanya menginstruksikan yang penting desa menganggarkan, padahal sudah ada SE Kemendagri,SE Kemendes PDTT dan SE Gubernur Jawa Timur yang dapat dijadikan acuan untuk penanganan covid-19 , “ ungkap Ficky.

Acuan yang dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri dalam penanggulangan covid-19 sudah jelas.

Antara lain, membentuk gugus tugas tanggap covid-19, sosialisasi covid-19 dan pencegahannya, sosialisasi pola hidup bersih dan sehat, pembuatan sistem informasi, sterilisasi fasilitas umum dan sosial melalui penyemprotan disinfektan hingga penyediaan anggaran jaring pengaman sosial atau JPS.

“ JPS itu penting, namun desa-desa tidak mengalokasikan anggarannya,“ tegasnya.

Menurut Ficky, pemerintahan desa tidak boleh asal-asalan melakukan realokasi atau pengalihan APBDes untuk penanganan covid-19.

Kesannya, hanya untuk memenuhi instruksi pemerintah. Tetapi harus dilaksanakan secara serius di tengah merebaknya wabah virus corona yang semakin cepat.

Related posts

banner 645x400
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *