Friday, October 30, 2020
Home JATIM BANYUWANGI Pemerintah Banyuwangi Gelar Pameran Benda Purbakala 

Pemerintah Banyuwangi Gelar Pameran Benda Purbakala 

REPORTERYusuf 77
- Advertisement -

KABAR RAKYAT – Pemerintah daerah Banyuwangi melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) selenggarakan pameran benda purbakala atau Pameran Kepurbakalaan, Kamis (3/9).

Kegiatan pameran benda purbakala itu digelar di halaman Pelinggihan Disbudpar Banyuwangi, Jalan Ahmad Yani. Yang diikuti sejumlah kolektor dan komunitas barang anti di Banyuwangi.

Baca: Gubernur Khofifah Terjun Langsung Tangani Klaster Ponpes Darussalam

Kegiatan pameran benda purbakala itu, dibuka oleh Kepala Disbudpar Banyuwangi, MY. Bramuda S.Sos, MM.

Pameran kepurbakalaan Banyuwangi menampilkan beberapa stand pameran barang cagar budaya dan benda-benda sejarah lainya dari para kolektor serta komunitas barang antik yang mempunyai kaitan sejarah awal Banyuwangi.

Stand pamer benda purbakala, memajang beberapa peninggalan jaman kerajaan Blambangan, masa kolonial Belanda, hingga masa pasca awal kemerdekaan. Juga ditampilkan sejarah budaya seni tari Gandrung Tempoe Doeloe yang kini jadi icon budaya Banyuwangi.

Baca: Besar Dukungan Parpol  Tidak Jaminan Calon Kepala Daerah Menang Pilkada 2020

Turut dipamerkan pengunjung, benda kepurbakalaan seperti pusaka buatan empu berupa berbagai jenis keris, tombak beberapa pusaka tradisionil jaman masa kerajaan terlihat dipajang dalam stand pamer.

Sejarah perdagagan jaman VOC Abad 16 juga bisa dilihat dipameran ini, sejarah lokomotif jaman Belanda yang merupakan jejak barang tinggalan masa kolonialisme juga lengkap dengan Foto sejarahnya. Foto sejarah hiruk pikuk perniagaaan pelabuhan meneng dan boom jaman Belanda bisa dilihat disini.

Pameran kepurbakalaan yang di Gelar pemerintah Banyuwangi ini akan berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 3-5 September 2020.

Baca: Elemen KITA Berikan Anugera Budaya Kalyanamitra dan Wirabangsa

Selain stand pamer barang kepurbakalaan Banyuwangi, diarea pameran disediakan fasilitas penunjang untuk menambah suasana pameran makin hidup dengan live music akustik dengan tampilan artis kontemporer Banyuwangi.

Panitia pameran benda purbakala juga menyediakan fasilitas akomodasi gratis, kopi gratis, makan gratis dan lainnya, bisa dinikmati semua pengunjung selama pameran berlangsung.

Pameran yang digelar di era new Normal COVID-19 ini dilaksanakan dengan pelaksanaan ketat protokol kesehatan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca