Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Cantuk Kecamatan Singojuruh Memanas

  • Whatsapp

BANYUWANGI, Sebanyak 51 Desa di Kabupaten Banyuwangi menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak pada Rabu, (08/10/2017). Sementara Pilkades Cantuk yang berjalan seru dan memanas ini mengusung tiga calon kandidat kuat antaralain, nomor urut 1 Hamim, nomor urut 2 yakni H. Masbudi, sedangkan nomor urut 3 yakni Sugiharto.

Selama proses pemilihan hingga rekapitulasi berjalan memanas. Suara sorakan antar kubu bercampur aduk menambahkan ketegangan detik-detik hasil akhir. Sehingga, jalannya pemilihan yang di selenggarakan di Lapangan Cantuk, Kecamatan Singojuruh dijaga ketat oleh aparat Kepolisian serta Brimob dari Polda Jatim.

Saat itu, hasil akhir yang muncul sebagai Kepala Desa Cantuk terpilih yakni nomor urut 2, H. Masbudi yang mendapat suara sebanyak 1.642 diikuti Nomor urut 2 yakni, Sugiharto memperoleh suara seebesar 994, dan 462 suara diperoleh Hamim sebagai Cakades nomor urut 1.

Ketika hasil akhir sudah diketahui, ketegangan kembali muncul saat tim sukses dari nomor urut 2 dihadang saat hendak pulang ke rumahnya oleh tim sukses nomor urut 3 yang merasa kalah dan masih tidak terima dengan kekalahannya. Mengeahui hal tersebut, tim sukses nomor urut 2 langsung protes pada pihak kepolisian agar mengkodinisikan serta mengamankan kejadian tersebut.

Pengamanan ekstra ketat langsung dilakukan aparat kepolisian untuk mengamankan titik-titik tertentu yang dianggapnya rawan konflik kericuhan. Pengamanan serta pengawalan aparat kepolisian itu juga dilakukan kepada tim sukses nomor urut 2 yakni H. Masbudi yan ramai-ramai melakukan aksi pawai mengantar Kades terpilih itu ke kediamannya di Dusun Cantuk Kidul.

Sementara itu, Kapolres Banyuwangi, AKBP Agus Yulianto, S.I.K., S.Sos., M.Si. membenarkan, Pemilihan Kepala di Banyuwangi khususnya di Desa Cantuk sebetulnya berjalan kondusif, menang dan kalah itu wajar. Masalah kepala desa itu merupakan pemimpin yang gunanya untuk membangun desanya, situasi seperti ini wajar, dan itu perlu kedewasaan untuk menghargai siapapun pilihan orang lain yang tidak sama, ujarnya.

Pihaknya juga akan bertindak tegas ketika ada dan siapa saja yang berbuat anarkis. “Langsung kita tindak tegas ketika ada yang melanggar hukum dan berbuat anarkis,” tegasnya.

Hingga berita ini ditulis, Satuan Kepolisian Polres Banyuwangi Masih terus berjaga-jaga di beberapa titik rawan konflik di desa Cantuk, Kecamatan Singojuruh.

Reporter : Fatahur



Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *