Pemilu 2019 Pelayanan SIM, SKCK, dan Samsat Libur

554 views
banner 468x60)
Kasatlantas Banyuwangi

Foto : (Dari Kiri) : Kanit Dikyasa Polres Banyuwangi, Iptu Datik Hariyati, Kasat Lantas Polres Banyuwangi, AKP Prianggo Parlindungan Malau, Kaur Reg Ident (KRI) Satlantas Polres Banyuwangi, Iptu Budi Hermawan. (Foto/Dok).

KABARRAKYAT.ID – Pemilu serentak 2019, pelayanan Surat Ijin Mengemudi (SIM) dan pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Polres Banyuwangi, serta pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor di Kantor Samsat Banyuwangi, libur untuk sementara waktu.

“Pemilu serentak tahun ini, pelayanan SIM libur selama 4 hari, yakni pada tanggal 17, 18, 19 dan 20 April 2019. Pemilik SIM yang habis masa berlakunya di tanggal tersebut, bisa melakukan perpanjangan pada tanggal 22 sampai 27 April dengan mekanisme perpanjangan SIM,” kata Kasat Lantas Polres Banyuwangi, AKP Prianggo Parlindungan Malau, Selasa (16/4/2019).

AKP Prianggo menjelaskan, apabila masa berlaku SIM tersebut habis pada tanggal 17 hingga 20 April dan tidak diperpanjang di tanggal 22 sampai 27 April, maka pemilik SIM harus mengikuti prosedur permohonan SIM baru.

Hal itu sudah merupakan keputusan pemerintah dalam hal ini Kepolisian RI berdasarkan ST Kapolda Jatim nomor RT/081/IV/YAN.1/2019.

“Mengenai hal tersebut, kami sudah melakukan sosialisasi melalui berbagai media sosial dan media lainnya. Kami juga sudah meneruskan surat edaran kepada seluruh satuan kerja lainnya agar masyarakat tahu mengenai informasi ini,” ujarnya.

Selain pelayanan SIM, pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Polres Banyuwangi juga libur pada Rabu, 17 April 2019. Pelayanan akan dibuka kembali pada Senin, 22 April 2019.

Tidak hanya pelayanan SIM dan SKCK saja yang libur pada saat pelaksanaan Pemilu Serentak Rabu 17 April 2019 besok. Pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor di Kantor Samsat juga libur selama 2 hari, yakni pada tanggal 17 dan 19 April 2019.

Dijelaskan Kaur Reg Ident (KRI) Satlantas Polres Banyuwangi, Iptu Budi Hermawan, apabila pajak kendaraan yang mati pada tanggal 17 April, maka bisa diperpanjang pada tanggal 18 April 2019 tanpa dikenakan denda.

“Ketentuan tersebut juga berlaku untuk tanggal 19 April, yakni apabila masa berlakunya habis pada tanggal 19 April, maka bisa diperpanjang pada 20 April,” paparnya.

Iptu Budi menjelaskan, jika masyarakat membayarkan pajak kendaraan bermotor yang telah habis masa berlakunya di luar ketentuan tersebut, maka akan diberlakukan denda.

“Seumpama, pajak kendaraan bermotornya mati pada tanggal 17 April tapi di bayarkan pada tanggal 20 April, maka akan terkena denda,” jelasnya.

Untuk itu, pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat agar memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin. Dan jangan sampai melewati batas waktu yang sudah ditentukan.

Reporter : Fattahur

Editor : Choiri

banner 468x60)

#pelayanan Polres Banyuwangi #Pemilu Serentak

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply