Pemkab Banyuwangi Beri Uang Saku Siswa Miskin

  • Whatsapp
Pemkab Banyuwangi Beri Uang Saku Siswa Miskin
Pemkab Banyuwangi Beri Uang Saku Siswa Miskin

BANYUWANGI – Pemkab Banyuwangi akan memberikan uang saku kepada siswa Sekolah Dasar (SD) dan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang tergolong miskin atau tidak mampu di daerahnya. Pemberian uang saku terhadap siswa miskin ini, bertujuan untuk menekan angka putus sekolah di daerahnya.

“Penyebab siswa putus sekolah itu bermacam-macam. Diantaranya ketidakmampuan orang tua memberi uang saku anaknya setiap berangkat sekolah. Siswa biasanya malu berangkat ke sekolah ketika tidak membawa uang saku. Sehingga mereka lebih memilih untuk tidak sekolah.” ujar Abdullah Azwar Anas.

Kata Anas, pemberian uang saku terhadap siswa miskin ini sudah dianggarkan di APBD Kabupaten Banyuwangi 2018 sebesar 2 miliar. Dijadwalkan program ini sudah mulai berjalan selambat-lambatnya pada tahun ajaran baru mendatang. Untuk besaran uang saku yang nantinya akan diberikan kepada siswa setiap harinya berbeda- beda.

“Memberikan uang saku Rp. 5000 kepada anak SD yang sangat miskin. Karena banyak anak yang tidak mau sekolah bukan karena tidak bisa iuran, tapi karena sebagian mereka malu kepada temanya karena tidak punya uang saku. Anak SMP yang sangat miskin kita beri uang saku Rp. 10000 setiap hari.  Harapan kita ke depan, anak-anak ini menjadi terdorong untuk sekolah. Teknisnya nanti akan diatur oleh dinas terkait dan ferivikasinya tentu ada data yang valid dari desa,” kata Abdullah Azwar Anas, hari ini Selasa ( 28/11/2017) di Kantor Bupati Banyuwangi.

Menurut Anas, saat ini Dinas pendidikan Banyuwangi sudah mulai melakukan pendataan terhadap siswa miskin yang akan diberi uang saku tersebut. “Pendataan ini penting  agar pemberian uang saku yang bertujuan untuk meringankan beban orang tua siswa ini  tepat sasaran, sehingga siswa yang sebelumnya putus sekolah, bisa kembali melanjutkan pendidikanya,” kata Anas.

Reporter : Hermawan

Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *