Pemkab Bondowoso Siap Lanjutkan Agenda GAIN Indonesia

  • Whatsapp
Program GAIN
Pendampingan Selesai, Pemkab Bondowoso Siap Lanjutkan Program GAIN

KABAR RAKYAT – Pendampingan The Global Alliance for Improved Nutrition (GAIN) Indonesia melalui program BADUTA 2.0 di Bondowoso telah selesai. Akhir pendapi ditandai Closing meeting di Aula Dinas Kesehatan, Selasa (15/12/2020).

Hadir langsung Ketua TIM Penggerak PKK Bondowoso Hj. Siti Maimunah Salwa Arifin dan wakil ketua PKK, Tim Dinkes dan DC-TC GAIN. Semua kepala Puskesmas, direktur RS, camat, BAPPEDA, DPMD, DPPKB, Dinas Kominfo dan fasilitator Emo Demo mengikuti secara daring.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan tersebut, Pemkab Bondowoso bersama GAIN Indonesia saling bertukar cindera mata dan penyerahan material Emo Demo, dan pelepasan secara simbolis Tim GAIN Bondowoso.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso, dr Mohammad Imron, dengan adanya pendamping dari GAIN, terjadi perubahan perilaku pada ibu hamil dan ibu balita.

“Bahkan Kita tiga kali mendapatkan juara dalam program anak. Ini daya ungkit dalam penurunan stunting,” jelasnya.

Ia mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada GAIN Indonesia dalam melakukan pendampingan selama hampir tiga tahun.

“Tentu ini menjadi hal yang sangat berarti. 100 persen posyandu sudah melaksanakan Emo Demo beserta ketersediaan APE Emo Demo,” katanya saat Closing Meeting.

Ia menegaskan akan melanjutkan dan mengembangkan Emo Demo dan 10 LMKM (Sepuluh Langkah Menuju Keberhasilan Menyusui).

“Jadi meskipun tak lagi didampingi GAIN, bukan berarti program ini selesai. Kami tetap akan melanjutkan,” jelasnya saat meberikan sambutan.

Ketua TIM Penggerak PKK Bondowoso sekaligus Duta ASI Hj Siti Maimunah Salwa Arifin juga mengapresiasi pendampingan yang dilakukan GAIN.

“Pemberian ASI ini sangat penting, ASI eksklusif itu sudah cukup. Sesuai dengan perintah Al Quran. Bahwa menyusui balita itu yang sempurna dua tahun,” paparnya.

Harapan serupa juga disampaikan Hj Maimunah agar program tersebut berkelanjutan. “Ini sangat bagus, demi kebaikan generasi kita,” imbuhnya.

District Coordinator GAIN Bondowoso, Sylviana Andriani sangat berterima kasih kepada Pemkab Bondowoso yang telah bekerja sama dengan baik selama ini.

“Ini merupakan hasil kerja bersama tim yang solid dan kompak. Ibarat tim sepak bola kita bekerjasama dengan baik, ada yang mengumpan, menggiring dan menendang untuk menciptakan goal yang apik,” paparnya.

Hasil pendampingan GAIN telah mampu menurunkan angka stunting. Berdasarkan bulan timbang pada tahun 2018 masih berada di angka 18,8 persen. Sementara hasil bulan timbang tahun 2020 turun menjadi 12,23 persen.

Sementara untuk pemberian ASI eksklusif semakin meningkat. Tahun 2018 pemberian ASI eksklusif mencapai 56,6 persen meningkat di tahun 2020 menjadi 73,3 persen.

Informasi dihimpun, pendampingan GAIN Indonesia di Kabupaten Bondowoso hampir tiga tahun. Yaitu mulai Mei 2018 sampai Desember 2020.***

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *