Pemkab Probolinggo Gelar “Festival Petik Merah Kopi” Krucil

203 views
Festival Kopi

Menarik beginilah suasana Festival Petik Merah Kopi di Krucil – Probolinggo. (ft. Yulis)

KABARRAKYAT.ID – Jawa Timur sejak zaman Kolonial menjadi pusat penanaman kopi untuk kepentingan industri kopi di eropa. Tak heran, jika di Jawa Timur ragam jenis tanaman kopi cukup merakyat. Di Kabupaten Probolinggo kopi asal Kecamatan Krucil mulai populer di kalangan barista. Itu karena aroma dan rasa kopi Kruci begitul khas.

Citra rasa kopi khas asal Krucil yang berada diketinggian 1000 diatas permukaan laut mulai menggoda pencinta kopi nusantara. Beberapa kali mengikuti festival kopi nasional kopi Krucil pun mampu tampil sebagai juara. Tak salah, sebab aroma yang muncul terbilang unik dan khas. Padahal jika dirunut jenis kopi pun sama robusta dan arabika. Kenikmatan kopi Krucil kini menjadi andalan petani. Rasa dan aroma biji merah ini produk olahan yang kian populer.

Melihat peluang geliatnya pencinta kopi nasional, Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Probolinggp, mencoba mendorong usaha tanaman kopi menjadi usaha Pariwisata Argobis. Ikhtiar ini mulai digarap tidak saja dari produk kopi tetapi perlakuan tanaman kopi hingga cara proses buah kopi yang menghasil produk bercitra rasa.

“Kawasan Kecamatan Krucil memiliki areal tanaman kopi rakyat cukup luas. Peluang pasar pun demikian terbuka untuk produk olahan kopi. Potensi ini yang ingin kita dorong maju sehingga menarik untuk bisnis pariwisata”, kata Sugeng Wiyanto Kepala Disparbud Kabupaten Probolinggo, Sabtu (29/6/2019).

Even “Festival Petik Merah Kopi” di Krucil yang mulai digagas oleh Dinas terkait dan menjadi icon khas Krucil.  Festival ini akan digelar setiap tahun saat musim panen kopi.

” Pengunjung ke Krucil tidak hanya sekedar datang membeli kopi. Tetapi bisa melihat cara petani memperlakukan biji kopi saat dipanen. Bahkan, pengunjung bisa melihat petani menyangrai kopi dari beberpa jenis kopi. Tentu ini bagian terintegral pengembangan pariwisata itu sendiri”,ungkap Sugeng mantan camat Tongas Ini.

Pengunjung Festival Kopi Krucil

Foto: Pengunjung Festival tertarik mendengarkan penjelasan teknik perlakuan kopi.

Suasana udara sejuk, serta aroma buah kopi yang masih di cabang pohon menambah  suasana yang berbeda. Tatapan mata melihat pohon kopi yang berbuah merah menarik sekali. Ditambah suasana alami di Krucil yang persis di bawah gunung Argopuro.

“Saya kali pertama melihat panen kopi cukup menarik, sekaligus nambah ilmu. Kiat menjadi tahu bagaimana sih tanaman dan hasil panen kopi diperlakukan. Nilai edukasi ini menarik untuk diketahui. Disisi lain view-nya sangat indah dengan udara sejuk di Krucil”, ungkap Intan Cahya Kurniasari Ketua HPMI Kabupaten Probolinggo.

Intan juga berkepentingan memacu sektor usaha kopi menjadi produk unggulan Kabupaten Probokinggonle depan. “Hampir disetiap kota ada kafee room yang menjajakan kopi. Tinggal kemauan saja menggarap peluang pasar ini. Untuk mendorong brand kopi kita diterima oleh pasar perlu kerjasama semua pihak”, tutur Intan.

Suasana Festival Petik Merah Kopi kali pertama ini cukup mendapat sambutan hangat dari warga dan pengunjung. Dukungan steakholder mulai dari eksekutif dan legeslatif menjadi penting untuk mendorong festival ini dikenal publik luas.

Ada sebuah harapan festival Petik Merah Kopi di Krucil, setenar “Festival Jazz Gunung Bromo” atau bisa bersaing dengan Festival ala Gombengsari di Banyuwangi.

“Kita ingin semua potensi terbaik di Kabupaten Probolinggo bisa dikenal publik luas. Menjadi penting dukungan awak media untuk membesarkan even disini. Harusnya menjadi kesepakatan kita bersama untuk mendorong semua sektor maju dan memilikii daya saing pasar. Tinggal profesionalme kita bagaiamana memajukan sektor unggulan ini”, kata Yulius Cristian Kadis Kominfo Kabupaten Probolinggo.

Hasil olahan petani kopi asal Krucil kini bisa anda pesan via online. Untuk pasnya anda boleh hunting sendiri ke Kecamatan Krucil. Beragam olahan kopi dalam kemasan maupun bentuk oce (butiran) berkualitas. (*)

Reporter : Richard

Editor : Choiri

#Kopi khas Krucil #Festival petik merah kopi #Festival kopi #Nikmat kopi Krucil #Berburu kopi Nusantara #Barista

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)
    1. author
      andri yanto3 weeks agoReply

      saya sendiri sudah pernah ke krucil memang khas kopinya

    Leave a reply