Monday, September 21, 2020
Home BERITA Pemkab Probolinggo Proteksi Warga dari Ancaman Virus Corona

Pemkab Probolinggo Proteksi Warga dari Ancaman Virus Corona

- Advertisement -

KabarRakyat.ID – Bupati Probolinggo terus merespon arahan presiden dan kementerian terkait guna mengantisipasi penyebaran virus Corona. Proteksi dari ancaman penyebaran virus Corona dilakukan oleh Dinas Kesehatan, bersama dinas terkait termasuk partisipasi forum Kabupaten Probolinggo Sehat juga dilibatkan.

Ada 19 warga asal Kabupaten Probolinggo,Jawa Timur, yang melakukan aktifitas di negara Cina. Diantaranya ada 5 Mahasiswa yang sudah dipulangkan ke Probolinggo. Sisanya masih menjalani observasi di Natuna setelah dinyatakan sehat oleh pemerintah Cina.

Menanggapi sikap pemerintah pusat dan upaya antisipasi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo dr.Anang Budiliyanto mengatakan, sikap Bupati Probolinggo sama memberikan perlindungan kepada masyarakat terkait penyebaran virus Corona.

Dinkes sejak awal sudah berkoordinasi dengan pusat terkait ke pulangan 5 mahasiswa dari Cina. Baik penjemputan hingga pemantauan sesuai standar medis.

” Intinya begini Pemkab Probolinggo terus melakukan pemantauan dan antisipasi terkait merebaknya ancaman virus corona. Kebetulan ada warga Probolinggo juga berada di Cina untuk belajar dan sisanya bekerja. Ada 5 mahasiswa telah di pulangkan dan sudah kami pantau dengan penanganan standar medis. Mereka ini sudah dinyatakan lolos dari observasi baik di Cina maupun sudah menjalani karangtina di Indonesia”, kata dr.Anang Budiliyanto, Kamis (6/2/2020).

Masih kata Anang, status ke lima mahasiswa ini tetap dalam pemantau tim medis selama 14 hari ke depan. Meski telah kembali ke rumah masing-masing Dinkes meminta peran dokter puskesmas aktif melakukan pemantauan.

” Mereka sudah dinyatakan aman dari ancaman virus corona hanya saja pemerintah tetap antisipasi. Yang kedua, sosialisasi cara menghidari penyebaran virus corona dan edukasi terkait ancaman virus ini perlu kita tingkatkan. Dengan begitu masyarakat paham dan tidak perlu takut secara berlebihan”, papar dr.Anang usai mengisi program sosialisasi pencegahan virus corona di radio Bromo FM.

Sosialisasi penanganan Virus Corona di kabupaten Probolinggo lebih kepada upaya antisipasi dan edukasi.Sebab belum ada warga yang terinfeksi virus Corona tersebut.

” Yang perlu disampaikan ke publik adalah bagaimana prosedur penanganan virus corona dan bagaiamana tindakan pencegahan. Ini penting sekali agar masyarakat mengetahui”, ungkap dr.Samia mewakili Forum Kabupaten Probolinggo Sehat.

Sami juga menyarankan koordinasi dinas terkait secara bersama melakukan langkah antisipasi. Dan dukungan semua pihak untuk meningkatkan edukasi terkait virus corona kepada publik secara luas.

” Warga yang sudah dipulangkan dari cina tentunya sudah melalui proses observasi yang super ketat. Dan telah memastikan warga yang dipulangkan dari daerah endemis telah dinyatakan sehat. Namun prosedur standart tetap dilakukan yakni pemantauan 14 hari oleh tim medis guna memastikan mereka bebas dari ancaman virus corona. Masyarakat harus berprilaku hidup sehat dan menjaga kebersihan”, pinta dr.Samia.

Reporter : Richard

Editor : Choiri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER