Pemkab Trenggalek Rancang Pembangunan Berkelanjutan Hingga 2030

  • Whatsapp

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin

KABAR RAKYAT – Pemerintah Kabupaten Trenggalek merancang gagasan Sustainable City hingga 2030. Tahapannya sampai pembahasan dan koordinasi antara Bupati M. Nur Arifin dengan Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Lingkungan Hidup (PKPLH).

Bupati Arifin menjelaskan ini hanya bisa tercapai dengan adanya perbaikan di lini tata kota dan fasilitas umum. Beberapa langkah sudah direncanakan, diantaranya adalah penataan ruang publik.

Bacaan Lainnya

“Penataan ini meliputi diperbanyaknya ruang terbuka hijau yang juga harus dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang ramah terhadap masyarakat difabel,” jelas Arifin.

“Kita akan bangun dan perbaiki beberapa jalur resapan untuk mencegah banjir, dan di atasnya akan ada percantikan. Di sekitar alun-alun dan kawasan pasar pon akan kita bikin ruang terbuka hijau dan pujasera”, lanjutnya.

Selain itu kedepan akan terus mengedukasi masyarakat untuk merubah lifestylenya yang lebih climate-friendly. Contoh, budaya tertib membuang sampah pada tempatnya dan pengurangan penggunaan kendaraan yang beremisi karbon dengan rencana perluasan area untuk pejalan kaki.

Bupati Arifin berharap berubahnya lifestyle masyarakat yang lebih climate-friendly akan berefek banyak dalam kemajuan pembangunan Trenggalek.

“Kalau kita tidak menjaga lingkungan kan nanti dampaknya akan menyebabkan bencana, nah kalau sudah begitu nanti cost penanganan yang habis disitu itu pasti besar dan sektor lain jadi terbengkalai”, pesannya.

Mendatang, Dinas PKPLH untuk terus perbaikan di sektor pengurangan emisi karbon kendaraan, konsumsi energi listrik, dan maintenance bangunan yang wajib memperhatikan dampak terhadap lingkungan di sekitarnya, seperti pengurangan emisi karbon kendaraan.

“Kalau bisa gedung-gedung perkantoran ini dipasangi solar cell biar anggaran listrik bisa ditekan, dikasih ruang terbuka hijau juga dan kalau ada perizinan pembangunan gedung baru jangan malah merusak lahan hijau yang ada”, pungkasnya.

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *