Pemkot Kediri Atur Tata Cara Nikah Non Muslim Dimasa Covid-19

  • Whatsapp

Pemkot Kediri dalam kesepakatan tata cara penikahan non muslim di Kota Kediri

KABAR RAKYAT – Pada, Jum’at, 29 Mei 2020, telah dilaksanakan penandatanganan kesepakatan tentang pelaksanaan pernikahan masyarakat non muslim dalam masa pandemi Covid-19.

Kesepakatan itu, melibatkan pihak-pihak diantaranya, Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri, Jawa Timur bersama FKUB Kota Kediri, Dispendukcapil Kota Kediri dan Bagian Kesra

Bacaan Lainnya

Pada hari sebelumnya Pemerintah Kota Kediri juga telah mengeluarkan surat kesepakatan yang sama bagi masyarakat muslim bersama Kemenag, KUA, perwakilan camat, dan Bagian Kesra.

Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar mengatakan dalam melaksanakan pernikahan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. Mulai dari physical distancing , menggunakan masker, dan mencuci tangan dengan sabun.

“Saya ingin memastikan yang kita lakukan ini sesuai dengan protokol covid-19. Banyak yang sudah ingin menikah. Ya kita coba berikan solusi dengan ini,” ujarnya.

Baca: Pastikan Penyaluran Bansos, Wagub Emil Dardak Dicurhati Ketua RW

Dalam Surat Kesepakatan Bersama Pelaksanaan Pernikahan Dalam Masa Tanggap Darurat Pandemi Covid-19, proses pengajuan kehendak nikah untuk masyarakat non muslim Kota Kediri dengan catatan :

  • Membuat pernyataan kepada lurah setempat, untuk tidak mengadakan resepsi/syukuran pernikahan yang menghadirkan banyak orang.
  • Upacara akad nikah dilaksanakan di tempat ibadah masing-masing dan mengikuti protokol kesehatan.
  • Untuk pencatatan perkawinan di Dispendukcapil hanya mempelai berdua.

Kebijakan ini berlaku sejak aturan Pemkot Kediri ditandatangani bersama. Sebagai panduan dalam pelaksanaan.***

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *