Saturday, October 24, 2020
Home DESTINASI ADVENTURE Pemudik Madura Datangi Pelabuhan Tradisional Jangkar

Pemudik Madura Datangi Pelabuhan Tradisional Jangkar

- Advertisement -

Tradisi mudik atau toron bagi warga Pulau Madura yang merantau dengan kapal tradisional penuh tantangan

KABARRAKYAT.ID, SITUBONDO – Sepekan puasa ramadhan, sejumlah pemudik asal Kepulauan Madura, tujuan Sepudi, Raas, Kalianget, Sumenep, Madura mulai padati pelabuhan tradisional Jangkar Situbondo. Kebanyakan pemudik adalah warga Madura di Bali, NTT dan NTB. Berangkat ke daerah asal dengan perahu tradisional atau Kapal Layar Motor (KLM).

Selain sudah sangat merindukan pulang kampung dibulan lebaran Idul Fitri nanti, penumpang Kapal Layar Motor, juga menghindarii puncak arus mudik yang membludak.

Kondisi pelabuhan tradisional, kapal tradisional atau kapal layar motor, memiliki trayek tujuan jangkar-ke kepulauan Madura, diantaranya Sepudi, Raas, dan Pelabhan Kalianget Sumenep. Kapasitas penumpang kapal tradisional berjumlah sekitar 50 penumpang mudik menuju kampung halamanya.

“Dimana pelabuhan jangkar merupakan pelabuhan satu-satunya, bagi ribuan pemudik, asal kepulauan, yang merantau,” jelas Marwoto, seorang nelayan Jangkar yang berpofesi ojek gendong.

Baca juga :

Mudik saat lebaran bagi orang Madura, merupakan wajib, dan tradisi yang tak pernah ditinggalkan, dan budaya mudik atau toron (bahasa Madura), yang artinya turun, kekampung halaman, adalah potret kehidupan perantau asal kepulauan Madura.

Mudik lebaran, yang penuh dengan menentang maut, merupakan hal biasa, dan selalu menjadi pemandangan yang unik di Pelabuhan Tradisional Jangkar ,situbondo.

Sementara  Kepala Kesyahbandaran Kalbut, Mastur menegaskan KMP Verri ,yang berada di Pelabuhan UPTD Jangkar, juga berangkat satu pelayaran setiap harinya. Namum saat musim muncak H-7, sudah disiapkan dua kapal cepat dengan keberangkatan sepuluh trip, akan diberlkukan kerjasama Pemprov Jatim, Pemkab Situbondo dengan mudi gratis.

“Himbau bagi pemudik dapat segera mendaftarkan diri jika akan pulang dengan kapal cepat. Langsung daftar di Kantor Kesyahbandaran Kalbut, pelabuhan jangkar juka bisa,” pungkas Mastur.

Reporter : Yons

Editor : Coi/Choiri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER