Pendaki Bukit Piramid Bondowoso Hilang “Tim Masih Mencari Jejaknya”

10707 views
Basarnas pencarian orang hilang di gunung (2)

Basarnas melakukan pencarian orang hilang di gunung Bukit Piramid, Bondowoso. (24/6/2019). Ft. Ifa

KABARRAKYAT.ID – Pendaki Bukit Piramid, masuk kawasan Kec. Curahdami, Kabupaten Bondowoso hilang, pada Senin (24/6/2019).

Saat pencarian melibatkan tim gabungan Kepolisian, TNI AD, Basarnas, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, dan relawan pencinta alam.

Dikonfirmasi Kapolsek Curahdami, AKP Budi Handoko membenarkan adanya seorang anak yang hilang saat mendaki Bukit Piramid.

“Semalam sekira pukul 20.15 WIB teman-teman korban melaporkan pada anggota kami di Mapolsek Curahdami , bahwa kehilangan salah satu temannya yang bernama Thoriq,”jelasnya pada awak media saat ditemui di Villa, bawah lokasi bukit Piramid, Senin (24/6/2019).

Menurut Kapolsek, Ia bersama tim gabungan akan mencari anak tersebut.

“Kami bersama tim gabungan akan naik ke bukit tersebut. Bersama koramil, Basarnas, BPBD dan relawan,”ujarnya.

Kapolres juga memaparkan bahwa jalur yang akan dilewati cukup ekstrim.

“Di sana jalurnya terjal. Kira-kira ditempuh sekitar 4 sampai 5 jam,”imbuhnya.

Di lokasi yang sama, Jefri, Dantim Basarnas Pos Jember memaparkan telah berkordinasi dengan Posko SAR di kabupaten setempat.

“Tim Basarnas dari Jember , yang turun enam orang. Kita koordinasi dengan Posko Bondowoso di Curahdami. Rencana operasi hari pertama ini, akan membagi beberapa tim untuk melakukan evakuaisi ke lokasi. Akan naik berbarengan. Hingga tiba di atas, titik yang dicurigai hilangnya korban. Dan akan dipecah sekitar 4 sampai 5 tim,”paparnya.

Selain itu, lanjutnya, rencana operasi kita ke titik teman mereka yang hilang. Tim akan dibekali alat Mountainering.

“Kami bersama TNI, Polri, BPBD, RAPI dan relawan se Tapalkuda .  Dan tim pasti akn dibekali alat mountainering, seumpama korban terjerembab, kita bisa dengan langsung dan mudah untuk mengevakuasinya,”jelasnya.

Masih menurut Jefri, dugaan sementara, korban terjatuh atau tersesat, dan aktifitas para pendakian dihentikan sementara demi kelancaran proses pencarian korban.

“Ada 2 pilihan, korban terjatuh atau tersesat. Untuk kepastiannya belum bisa, bisa nanti malem atau sore nanti.

Tapi ini semua masih dugaan sementara. Barusan saya sudah berkordinasi dengan KPH. Pendakian kami dihentikan dulu. Tapi bagi pendaki yang terlanjur di atas, kami minta untuk ikut mencari korban,”tuturnya.

Pentunjuk sementara, sambung Jefri, dari pengakuan salah satu teman korban yang melihatnya terakhir kalinya di puncak ketiga.

“Petunjuk sementara, dia melihat saat korban di puncak ketiga. Nanti setelah tau kondisinya mereka saat itu, dimana , barulah kita bisa memetakan,  kita harus kemana dan bagaimana,”tutupnya.

Untuk informasi,  Tim kesehatan diupayakan sedekat mungkin dengan tim gabungan. Keempat pelajar tersebut adalah Alumni SMP IV yang baru lulus tahun ajaran ini, adalah:

  1. THORIQ RIZKY MAULIDAN umur (15th) warga perumahan Villa Kembang Bondowoso (korban yang hilang).
  2. PUNGKY FILZAH PRANATA umur (16th) warga Badean.
  3. RISKI kelurahan Nangkaan(16th)
  4. SYAFRIL kelurahan Nangkaan (16th)

Sampai berita ini ditayang, proses pencarian masih di laksanakan sambil menunggu perkembangan tim di lapangan  dan saat ini cuaca di lokasi pencarian sangat panas.

Reporter : Ifa

Editor : Richard

#Bukit Piramid #curahdami bondowoso #Pendaki Bukit Piramid

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply