Pendaki Raung Jalur Bondowoso Disarankan ke Ijen

155 views
Pendaki gunungapi Raung di jalur Desa Sumberwringin Bondowoso (4)

Bascamp Pesanggarahan Desa/Kecamatan Sumberwringin Bondowoso. Sabtu, 5/10/2019. Ft. Yons /KabarRakyatID

Kondisi jalur pendakian dari Bondowoso. Pasca kebakaran hutan di lereng Gunungapi Raung. Dua diantaranya pendaki gunung dari Belgia.

KabarRakyat.ID – Puluhan pendaki gunungapi Raung yang dari jalur pendakian Desa/Kecamatan Sumberwringin, Bondowoso diarahkan tidak melanjutkan pendakian oleh Cadas atau Okta pengelola Bascame Pesanggrahan.

Itu dampak dari peristiwa kebakaran hutan di camp 7 hingga camp 8 jalur pendakian di Gunungapi Raung hingga kini masih berlangsung.

“Benar kami arahkan, pendakian ke Gunung Ijen, untuk menutupi kekecewaan puluhan pendaki gunungapi Raung,” kata Cadas yang juga disapa Okta, Sabtu, 5/10/2019, dini hari.

Pendaki gunungapi Raung di jalur Desa Sumberwringin Bondowoso (2)

Bascamp Pesanggarahan Desa/Kecamatan Sumberwringin Bondowoso. Sabtu, 5/10/2019. Ft. Yons /KabarRakyatID

Saat ini, yang sudah tiba di Bascame Pesanggrahan, Sumberwringin, Bondowoso ada 30 orang pendaki dari Jember, Bondowoso, Malang, Bandung, Jakarta, Yogyakarta dan 2 orang dari negara Belgia.

“Mereka beristirahat di Bascam. Rencana pagi ini mereka akan melanjutkan pendakian. Karena lokasi sangat menantang, dengan jarak tempuh sampai di puncang Gunungapi Raung kurang lebih memakan 9 jam lebih,” kata Cadas.

Pengelola Bascamp Pesanggrahan, berharap para pendaki itu, ikut arahannya. Agar tidak menjadi kekhawatiran pihak terkait.

Pendaki gunungapi Raung di jalur Desa Sumberwringin Bondowoso (6)

Bascamp Pesanggarahan Desa/Kecamatan Sumberwringin Bondowoso. Sabtu, 5/10/2019. Ft. Yons /KabarRakyatID

Menurut pengelola Bascame Pesanggrahan, dalam satu bulan, pendaki gunungapi Raung mencapai rata-rata 50 orang sampai 60 orang pendaki yang datang. Karena untuk melintas jalur pendakian yang terdekat hanya di Bondowoso.

Beda dengan pendakian gunungapi Raung dari jalur Wonorejo, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi. Dari sana jalannya sangat ekstrim, harus menggunakan peralatan pendakian seperti tali untuk bisa naik kepuncak gunungapi. Bahkan katanya, jarak tempuh pendakian , bisa mencapai dua hari perjalanan untuk bisa tiba.

“Jadi kalau dari Sumberwringin Bondowoso ditempuh 9 jam perjalanan pendakian. Kalau dari Kalibaru Banyuwangi kurang lebih dua hari perjalanan,” ujarnya.

Pendaki gunungapi Raung di jalur Desa Sumberwringin Bondowoso (1)

Bascamp Pesanggarahan Desa/Kecamatan Sumberwringin Bondowoso. Sabtu, 5/10/2019. Ft. Yons /KabarRakyatID

Bedanya, memang ada. Jika melintas dari jalur Kalibaru, Banyuwangi para pendaki selain mendapatkan tantangan ekstrim alam hutan dan bebatuan. Setelah sampai dipuncak, bisa mendekati kawah gunungapi yang begitu indahnya. Sedang dari Sumberwringin Bondowoso, bisa melihat matahari terbit dan terbenam, dari puncak gunungapi. Juga bisa melihat keindahan 4 kabupaten Bondowoso, Banyuwangi, Situbondo dan Jember dari puncak.

Reporter: Yons

Editor: Choiri

banner 970x90









Loading...

#banyuwangi kab #bondowoso kab #gunungapi raung #kebakaran hutan

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply