Pengangguran di Bondowoso Capai 17.000, Disnaker Sebut Terus Bertambah

KabarRakyat.ID – Angka pengangguran terbuka di Kabupaten Bondowoso, hingga akhir Tahun 2019 mencapai 17.000. Angka ini dipastikan akan terus bertambah.

Itu disampaikan oleh Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja, Purno Winardi, saat dikonfirmasi, di acara Job Market Fair 2019 di Gedung Balai Latihan Kerja (BLK)  Bondowoso.

“Yang jelas , angka pengangguran ada kenaikan. Kan setiap tahun angkatan kerja kan pasti bertambah. Baik lulusan sekolah, dari usia kan otomatis,” paparnya, Kamis (14/11/2019).

Menurutnya, dari sisi usia, dalam setiap tahun ada sekitar 11.000 warga yang usianya dari 14 sampai 15 tahun. Itu otomatis menambah pengangguran.

“Itu otomatis, dari angkatan kerja itu bertambah,” sambungnya, kepada awak media.

Sementara untuk mengurangi angka pengangguran itu, maka Disnaker menyelenggarakan Job Market, yang melibatkan 30 perusahaan baik negeri maupun swasta.

Agung Tri Handono, Asisten 1 Pemkab Bondowoso

Agung Tri Handono, Asisten 1 Pemkab Bondowoso

Menurut Purno, ada 1141 lowongan untuk semua posisi. Job Market ini, kata dia, cukup efektif mengurangi angka pengangguran. Dia menargetkan, tahun ini , 6000 warga bisa terentaskan dari pengangguran.

“Salah satunya melalui Job Market ini, dan juga pelatihan wirausaha,”paparnya.

Menurutnya, kegiatan job market ini otomatis untuk mengurangi angka kemiskinan yang masih berada di angka 14,39 persen.

“Di tahap awal, job market pada bulan Juli kemarin, ada 50 persen atau 453 pelamar yang berhasil diterima oleh perusahaan. Masalah sebenarnya kadang pelamar memaksakan, tidak sesuai ijazahnya kadang dipaksakan ya tidak diterima,” paparnya.

Sementara itu, Asisten I Pemkab Bondowoso, Agung Tri Handono menjelaskan, bahwa pengangguran ini, salah satunya karena lulusan yang ada di Bondowoso tidak sesuai dengan kebutuhan pasar.

“Saya berharap, untuk mengurangi pengangguran di Bondowoso tidak hanya dengan job market, tapi menciptakan entrepreneur, dan kegiatan UMKM,” harapnya.

Reporter : Ifa

Editor : Setiawan

banner 970x90









Loading...

#pengangguran bondowoso #tenaga kerja

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply