Friday, October 30, 2020
Home JATIM BANYUWANGI Pengelolaan Irigasi Dukung Infrastruktur Sektor Pertanian

Pengelolaan Irigasi Dukung Infrastruktur Sektor Pertanian

REPORTERFathur
- Advertisement -

KABAR RAKYAT – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Pengairan Kabupaten Banyuwangi secara berkelanjutan terus mendukung pembangunan infrastruktur. Selain membangun sarana prasarana, peningkatan jaringan irigasi, serta peningkatan kualitas air bersih.

Plt. Kepala Dinas PU Pengairan Kabupaten Banyuwangi Guntur Priambodo melalui Kepala Bidang Manfaat dan Kemitraan Donny Arsilo Sofyan mengatakan, setiap tahun DPU Pengairan Banyuwangi mengalokasikan anggaran untuk pembangunan infrastruktur pendukung sektor pertanian. Salah satunya jaringan irigasi.

Baca : Gubernur Khofifah Apresiasi BI Jatim Membantu UMKM Buka Pasar Ekspor

“Saat ini, ada sekitar 6 ribu kilometer lebih jaringan irigasi. Terdiri dari jaringan irigasi primer, irigasi sekunder, dan irigasi tersier yang mengaliri ribuan hektar sawah dan perkebunan,” jelasnya, Jum’at (16/10/2020) kemarin.

Seperti diketahui, Banyuwangi sebagai salah satu daerah penyanggah pangan di tanah air yang hingga kini konsiten mempertahankan produksi rata-rata padinya.

Hal itu tidak terlepas dari upaya DPU Pengairan Banyuwangi menjaga konsistensi pasokan air untuk kebutuhan lahan pertanian maupun untuk kebutuhan masyarakat sehari-hari.

Pemerintah Banyuwangi mencatat, di tengah pandemi Covid-19 sektor pertanian Banyuwangi menunjukkan pertumbuhan yang positif.

Baca : Polisi Dan Elemen Masyarakat Banyuwangi Deklarasi Anti Anarki

Sampai dengan bulan September Tahun 2020, capaian produksi pangan dan komoditas utama pertanian di Kabupaten Banyuwangi cukup bagus.

“Tentu ini merupakan hasil kolaborasi dengan instansi terkait dalam rangka mendukung infrastruktur pangan. Sepertihalnya menata sistem irigasi serta pembangunan embung-embung sebagai tempat cadangan air saat musim kemarau,” imbuhnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca