Pengusaha Mineral Banyuwangi Reposisi Kepengurusan

202 views
banner 468x60)
Aspamin

Foto: H Abdillah Rafsanzani Ketua Aspamin

KABARRAKYAT.ID – Asosiasi Pengusaha Mineral (Aspamin) Banyuwangi gelar rapat sederhana guna membentuk susunan Panitia Pelaksana Pemilihan Pengurus Aspamin Periode 2019-2024 bertempat di Rumah Makan Tamansari, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi, Selasa (5/3/2019).

Ketua Aspamin Banyuwangi, Drs. H. Abdillah Rafsanjani menyampaikan, pembentukan panitia ini untuk pembentukan kepengurusan Aspamin yang baru, karena masa kepengurusan yang lama segera berakhir. Selain itu, pembentukan ini sesuai dengan amanat anggaran dasar, anggaran rumah tangga organisasi.

“Pengurus yang baru nanti ini diharapkan bisa bekerja sesuai dengan tata tertib soal pertambangan. Karena bagaimanapun juga, para penambang ini harus memperoleh bantuan payung hukum. Karena seperti diketahui, penambang di Banyuwangi rata-rata masih orang-perorang,” kata Abdillah.

Melalui Aspamin inilah, lanjut Abdillah, bisa mengklarifikasi  persoalan-persoalan tambang serta memeberi penjelasan kepada pemerintah, media maupun LSM, bahwa aktifitas penambangan di Banyuwangi ini legal sesuai aturan main. Salah satunya dengan dipayungi legalitas

Bicara soal tambang, menurut H. Abdillah, ada lima elemen yang saling berkaitan dalam usaha tambang diantaranya, penambang, alat berat, armada, solar, dan pembeli. “Kelimanya itu harus terpenuhi. Apabila salah satu bermasalah, maka akan berpengaruh pada penambangan bahkan dapat menghambat perputaran ekonomi masyarakat,” tuturnya.

“Sebagai contoh manfaat pembentukan pengurus ini, apabila nanti ditemui kendala misal ada pertambangan yang berkasus, maka nantinya akan ditindaklanjuti oleh pengurus Aspamin,” ujarnya.

Selam ini, masih Abdillah, biasanya yang menjadi kendala bagi pengusaha tambang ini adalah soal perizinan. “Begini, perizinan di Jawa Timur ini menggunakan Peraturan Gubernur. Artinya, permasalahan ini harus dituntaskan oleh Gubernur. Kita tahu, kebanyakan perizinan ini masih ditangani oleh dinas terkait dan perorangan. Itu tidak boleh karena dikhawatirkan ada manipulasi dan korupsi,” imbuhnya.

Tambang juga menjadi rujukan pemerintah, karena pertumbuhan infrastruktur sudah semakin pesat. “Harapannya kalau kepengurusan dan semuanya sudah terpenuhi termasuk regulasinya terpenuhi, Aspamin bisa menjadi jembatan pertumbuhan infrastruktur di Banyuwangi. Aspamin juga ingin bermitra dengan pemerintah untuk penyediaan barang, kami siap,” imbuhnya lagi.

Dalam kesempatan yang sama, Jose Rudy dalam rapat menambahkan, pelaku tambang juga harus punya jiwa sosial, baik kepada kepolisian, LSM, juga rekan-rekan media. “Dalam merintis usaha apapun pasti ada hambatan dan ujian. Dan kita harus bisa harus melalui itu,” cetus Rudy.

Untuk waktu dan tempat pembentukan kepengurusan Aspamin digelar dalam waktu dekat. “Setelah kepengurusan Aspamin ini terbentuk, selanjutnya Aspamian segera mendirikan kantor,” pungkasnya.

Reporter : Fattahur

Editor : Richard

banner 468x60)

#aspamin #Banyuwangi #pengusaha mineral

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply