Penimbunan Kayu Perhutani Dibobol Pencuri

  • Whatsapp

BANYUWANGI – Kayu jati dari Tempat Penimbunan Kayu (TPK) Ringintelu, milik Perhutani Banyuwangi Selatan, di Kecamatan Bangorejo Banyuwangi Jawa Timur di bobol pencuri, Senin malam (21/11/2017).

Terbongkarnya aksi pencurian berawal dari kecurigaan petugas gabungan yang kemudian mengikuti dan menangkap truk P 9685 ZN yang keluar dari TPK Ringintelu menuju penggergajian kayu di Desa Benculuk Kecamatan Cluring Banyuwangi.

Di sana, setelah beberapa kayu diturunkan, petugas gabungan langsung menangkap supir dan mengamankan ratusan kubik kayu jati milik Perhutani.

Sopir truk muat kayu jati, Nurwakid (36) warga Dusun Campursari, RT. 4 RW. 4 Desa Benculuk Kecamatan Cluring langsung digiring petugas untuk diminta keterangan.

Komandan Regu (Danru), Polhutmob, Perhutani KPH Banyuwangi Selatan, Mu’aji, membenarkan penangkapan itu.

Dijelaskan Mu’aji, truk muat kayu dari TPK Ringintelu dengan dokumen dibawa ke tempat penggergajian Benculuk. Setelah melakukan pembongkaran kayu dalam truk, sopir ditelepon oleh salah seorang oknum Perhutani agar truk tersebut kembali ke TPK.

Modus pelaku dan jaringannya, menggunakan satu dokumen untuk dua kali angkut kayu jati yang berasal dari TPK Ringintelu.

Kapolsek Cluring, Iptu Bedjo Mandrias Diantoro, SH membenarkan sebuah truk muat kayu jati beserta sopirnya sudah diamankan di Polsek Cluring. Selain itu pihak penyidik masih melakukan pemeriksaan terhadap sopir truk tersebut. “Terus dikembangkan. Karena ada fakta baru keterlibatan orang dalam perhutani sendiri,” imbuhnya.

Reporter : Siswanto

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *