Penyakit DBD Dengue Masih Jadi Ancaman Warga Blitar

Aedes_aegypti_CDC-Gathany

Wikipedia

KabarRakyat.ID – Penyakit DBD dengue masih marak terjadi di sejumlah daerah Jawa Timur. Di Kabupaten Blitar sendiri, menurut data yang dihimpun dari Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar tercatat berkisar 634 orang terkena penyakit demam berdarah, bahkan 8 orang dari jumlah tersebut tidak tertolong atau meninggal dunia.

Hal ini terhitung sejak Januari hingga Oktober 2019. Jumlah penderita tersebut menyebar di berbagai wilayah Kabupaten Blitar.

Kepala Dinas Kesehatan Kab. Blitar Kuspardani melalui Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Eko Wahyudi mengatakan dengan adannya kasus tersebut pihak kesehatan meminta masyarakat untuk waspada terhadap penyakit ini. Salah satunya menjaga hidup sehat agar disetiap lingkungan rumah atau keluarga tidak terdapat jentik nyamuk aedes aegypti.

“ya.. saat ini penyakit demam berdarah masih jadi ancaman. Tidak cuman anak-anak saja yang bisa terkena penyakit ini. Bahkan remaja ataupun orang tua juga  bisa saja terkena virus yang dibawa oleh nyamuk ini,” ungkap Eko Wahyudi, baru ini.

Pihaknya, menghimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu mencegah akan datangnya virus yang dibawa oleh nyamuk yang mematikan ini. Caranya dengan membuang sampah pada tempatnya dan membersihkan air yang tergenang. Dimana hal ini bisa berdampak kepada hewan nyamuk untuk membuat sarang di tempat tersebut.

Sementara itu, kewaspadaan terhadap serangan demam berdarah ini mengingat dalam waktu yang tidak lama lagi akan memasuki musim penghujan. Biasannya saat musim hujan terjadi banyak  genangan air yang bisa di gunakan berkembang biak nyamuk demam berdarah

Dinas Kesehatan Kab Blitar telah melakukan sosialisasi waspada demam berdarah baik di tingkat kecamatan ataupun wilayah wilayah lainnya.

Reporter: Rizal Yusuf

Editor: Rony DE

banner 970x90









Loading...

#aedes aegypti #blitar #demam berdarah dengu

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 800x600)

    Tinggalkan pesan