Per 1 Mei, Kendaraan Over Loading Dilarang Masuk Pelabuhan ASDP Ketapang-Gilimanuk

  • Whatsapp
Kondisi kendaraan roda empat mengantri masuk ke kapal di Pelabuhan ASDP Ketapang, Banyuwangi
Foto: Kondisi kendaraan roda empat mengantri masuk ke kapal di Pelabuhan ASDP Ketapang, Banyuwangi. Dok/KabarRakyat

KabarRakyat – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan memberlakukan larangan masuk ke pelabuhan penyeberangan bagi kendaraan yang over dimensi dan over loading atau yang sering disebut ODOL, mulai 1 Mei 2020.

“Per 1 Mei 2020, untuk kendaraan yang over loading ataupun over dimensi kalau mau lewat, kita akan tahan,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi saat di Banyuwangi, Jum’at (6/3/2020) kemarin.

Read More

banner 645x400

Budi mengungkapkan, pihaknya tidak main-main untuk memberantas secara tuntas angkutan yang melanggar ketentuan dimensi maupun muatan hingga 2022. Oleh sebab itu, pihaknya meminta operator kendaraan melakukan pemotongan truk yang kedapatan over dimensi secara mandiri. Sebab, jika tak melakukan normalisasi maka truk yang bersangkutan tidak akan bisa lolos uji KIR.

“Jadi kita tidak main-main lagi, mohon semua operator kendaraan segera menyesuaikan. Karena Kemenhub, Kementerian PUPR dan Kementerian Perindustrian serta Polri sudah bersepakat bahwa pelarangan ODOL akan diberlakukan secara penuh di awal tahun 2023,” jelasnya.

Reporter : Fattahur

Editor : Rony DE

Related posts

banner 645x400
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *