Perantau Madura Mudik Lebih Awal Lewat Jangkar

45 views
banner 468x60)
Mudik ke Madura lebih awal (2)

Foto: Perantau asal Madura memilih mudik lebaran lebih awal untuk menghindari penumpukan penumpang di jalur transportasi umum. (Yons)

KABARRAKYAT.ID – Perantau asal Madura dari sejumlah kota/kabupaten dan luar Provinsi Jawa Timur, memilih mudik lebih awal ke sejumlah kepulauan di Madura. Seperti biasa, mereka mengguna jalur transportasi laut. Tujuannya, agar tidak terjadi kemacetan pasca mendekati lebaran atau hari raya idul fitri.

Sejumlah penumpang kapal tradisional dan kapal motor di Pelabuhan Jangkar, Situbondo melayani ratusan penumpang yang telah membeli tiket. Mereka mengaku berkerja di Bali, NTT dan NTB. Mereka hendak mudik ke sejumlah pulai di kepulauan Madura, yakni Raas, Sepudi, Kalianget.

“Ya kami sengaja pulang lebih awal. Untuk menghindari penumpukan penumpang di pelabuhan.  Selain itu, kami mudik awal agar lebih tenang,” kata Hasani warga kepulauan Raas, Madura, Kamis (16/5/2019).

Mudik ke Madura lebih awal (1)

Foto: Antrian pemudik lebaran ke Madura sudah mulai terlihat di Pelabuhan Jangkar Situbondo.

Meski harus antri, naik kapal, mereka tetap bersabar menunggu dan tetap bertahan di Pelabuhan Jangkar. Namun begitu mereka mengaku ingin segera sampai ke rumah sanak keluarganya. Sejumlah penumpang dari kepulauan Madura itu memilih tak menunggu program mudik gratis yang dilaksanakan oleh Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, yang didaftarkan lewat online. Sebagian dari mereka, ada yang tidak memahami adanya mudik gratis.

Kali ini, mudik gratis dari Dinas Perhubungan Jawa Timur didaftarkan melalui sistem online. Tidak seperti tahun 2018 lalu, para calon penumpang mudik gratis cukup mendaftarkan lewat E-KTP, langsung datang kelokasi pendaftaran mudik gratis.

“Ada perubahan ditahun ini mudik gratis didaftarkan lewat online. Tidak seperti tahun 2018, penumpang yang hendak ikut mudik gratis mendaftar langsung cukup menunjukan KTP,” pungkas Tri Wahyono, Koordinator UPTD Pelabuhan Jangkar, Situbondo.

Reporter: Yons

Editor: Choiri

banner 468x60)

#mudik ke madura yuk #mudik lebaran #pelabuhan jangkar #situbondo

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply