Perbup Bondowoso No 107 2020 Akan Dirubah, nih Bocorannya

  • Whatsapp
KABAR RAKYAT – Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat bersama Kapolres setempat dan Dandim 0822 melakukan Rapat Koordinasi Pengendalian Covid 19 di Cafe Bharata, Kamis malam (1/4/2021).
Wabup Irwan didampingi sejumlah instansi terkait dalam kegiatan itu yang dilaksanakan untuk mengatur kembali regulasi pengendalian dan penanganan pandemi Covid 19.
Mewakili Wabup Irwan, Adi Sunaryadi Plt Kalaksa BPBD Bondowoso menyampaikan bahwa selanjutnya akan mengumpulkan Satgas Covid 19 untuk membahas perubahan Perbup 108 tahun 2020.
“Kita nanti akan mengumpulkan Satgas secara keseluruhan bersama dengan bagian hukum untuk membahas perubahan perbup 107 tahun 2020 ini. Ada beberapa hal yang harus diubah, ” Ujarnya pada awak media.

Misalkan, kata Adi, tentang kegiatan pernikahan yang awalnya kapasitas gedungnya dengan 50% jumlah undangan, nanti akan menjadi 75%.
“Seperti itu itu dulu ya. Kemudian ada kegiatan-kegiatan lain misalkan kegiatan olahraga, pertandingannya oke, penontonnya tetap yang virtual ya. Sehingga kegiatan-kegiatan itu tetap jalan, ” Imbuhnya.
Adapun tujuan utama dari kegiatan malam ini adalah bagaimana caranya agar ekonomi masyarakat secara perlahan mulai menggeliat.
“Utamanya menjelang Ramadan, kemudian menjelang Idul Fitri, malam ini yang kita bahas seperti itu, kita akan atur. PKL ya nanti kita atur seperti apa karena biasanya pada saat Ramadan itu kan ada PKL dadakan ya, ada Bazar, ada penjual takjil. Jadi itu tetap melakukan protokol kesehatan secara ketat , kalau dia harus membuka lapak berarti di depannya itu harus ada tempat cuci tangan dan penjual maupun pembeli menggunakan masker, “paparnya.
Kemudian yang kedua, memasuki bulan puasa, di pintu-pintu masuk kawasan kota akan ada sterilisasi.
” Bentuknya adalah orang yang mau masuk ke kawasan kota itu akan diperiksa secara ketat penggunaan maskernya. Namun tidak ada pemberlakuan jam buka tutup kawasan kota, nggak ada jam, kalau seperti itu kita membutuhkan surat edaran Bupati. Tapi kan masih belum, ya masih dibahas nanti akan dibuat.
Lanjutnya, perubahan-perubahan tersebut diharapkan sudah tuntas karena minggu ini kita sudah membuat telaah.
“Tentang perubahan ini minggu depan kita akan Rakor . Mudik juga akan diatur ya nanti tekanannya tetap pada protokol kesehatan ya. Karena nanti habis mudik juga akan menjadi perhatian menjelang lebaran. Lebaran dilarang mudik, ASN, swasta, BUMN juga dilarang mudik, ” Tutupnya.*

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *