Saturday, August 8, 2020
Home BERITA Percepat Penanganan COVID-19, Wagub Emil Harapkan Kesadaran Semua Pihak

Percepat Penanganan COVID-19, Wagub Emil Harapkan Kesadaran Semua Pihak

KABAR RAKYAT – Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak berharap agar kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan terus dilakukan. Seperti mengenakan masker, menjaga jarak serta mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktifitas. Hal itu terus ia sampaikan untuk menekan laju pandemi COVID -19 di Jatim.

“Kesadaran semua pihak diharapkan betul partisipasinya dalam memerangi pandemi COVID -19 ini,” kata Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak saat mendampingi Kunjungan Kerja Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo saat meninjau RS Lapangan di Indrapura Surabaya, Kamis (16/7).

Bagi pemerintah sendiri, sebut Emil Dardak, juga akan terus berupaya memperbaiki sistem perawatan pasien dari gejala sedang hingga berat. Termasuk penerapan one gate sistem dan ketersediaan alat pelindung diri (APD) yang harus terus tersedia.

“Pemerintah terus mengoptimalkan upaya dan langkah promotif dan preventif,” jelasnya.

Langkah lain, jelas Emil, diterbitkannya peraturan daerah (perda) dinilai sangat penting. Melalui peraturan tersebut, pemberian sanksi kepada pelanggar bisa menjadi langkah penekanan laju penyebaran COVID -19 di Jatim.

“Agar bisa lebih efektif,” urainya.

Emil menyebut, tingginya angka penyebaran di Jatim disebabkan banyak faktor. Salah satunya adalah belum dimilikinya pengalaman menghadapi pandemi COVID -19. Oleh karena itu, Pemprov Jatim terus melakukan pembenahan.

“Semua lini harus segera dibenahi,” ujarnya.

Pembenahan tersebut, lanjut Emil meliputi penyelarasan sistem di 99 RS Rujukan, mendirikan RS Lapangan baru untuk menampung sekaligus merawat pasien ringan hingga sedang dengan mengkoordinasikannya.

“Kita jangan fokus kerumitannya, melainkan kita fokus menyiapkan solusi apa saja yang harus disiapkan ke depannya,” terang Emil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER