Perhutani Bondowoso Gandeng Media Reboisasi Gunung Suket

  • Whatsapp
Andi Adrian Hidayat Administratur/KKPH Bondowoso saat menanam bibit pohon bersama awak media di lereng Gunung Suket

KABAR RAKYAT – Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Perhutani Bondowoso Jawa Timur menggandeng awak media reboisasi bibit tanaman kehutanan di Lereng Gunung Suket, Kamis (25-2-2021).

Kegiatan diawali Coffee Morning dan dilanjutkan penanaman pohon di Petak 98 dan Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Dataran Ijen, Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Sukosari.

Bacaan Lainnya

“Sebenarnya ini upaya pihak kita untuk melakukan reboisasi kembali terhadap kondisi hutan kita yang sudah terlanjur terbuka yang berpotensi bencananya besar,” Papar Andi Adrian Hidayat selaku Administratur atau Kepala KPH Bondowoso.

Pihaknya menjelaskan bahwa upaya penanaman ini dengan pola agroforestri untuk mengurangi resiko bencana alam.

“Adalah upaya sebenarnya bagaimana mengurangi resiko dan insya Allah semua orang diikut sertakan tanpa mengurangi hak mereka untuk sejahtera. Karena kita cuma mengatur melakukan reboisasi pada tempat-tempat yang tertentu, ” imbuhnya.

Coba kita flashback, ujar Andi, di atas tahun 2019 terjadi kebakaran kemudian awal masalah timbullah jadi banjir. “Banjir dua kali di tahun 2020 karena tak ada tanaman yang bisa menahan erosi, karena sebenarnya kalau tidak terbakar insya Allah enggak, ” Katanya.

Selanjutnya pihaknya akan mengevaluasi secara berkala, yakni enam bulan sekali. “Untuk mengevaluasi kegiatan reboisasi ini, kami menawarkan 6 bulan sekali, artinya ada kosekwensi yang melanggar lahannya,” tegasnya.

Untuk informasi, Perhutani KPH Bondowoso mengajak sejumlah awak media online dan elektronik se Tapal Kuda.***

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *