Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Bupati Blitar Resmikan RTH Kanigoro

  • Whatsapp
RTH Kanigoro Bltar
Peresmian RTH Kanigoro di Kabupaten Blitar.

KabarRakyat.ID – Bertepatan dengan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020, Bupati Blitar Rijanto, meresmikan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kanigoro, pada Jum’at (28/02).

Dalam kegiatan itu, juga di gelar jalan sehat bersama Bupati dan Wakil Bupati Blitar yang diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar, komunitas, kaum milenial dan masyarakat.

Read More

banner 645x400

Bupati Blitar Rijanto mengatakan, Selaras dengan tema kali ini yaitu Indonesia Bersih, Indonesia Maju, Indonesia Sejahtera maka pihaknya mengajak seluruh masyarakat supaya semakin profesional dalam membangun sistem pengelolaan sampah.

Menurutnya, penanganan permasalahan sampah membutuhkan peran dari seluruh sektor karena pengelolaan sampah sudah menjadi persoalan serius di setiap daerah, maka dibutuhkan sinergitas agar populasi sampah bisa ditekan.

Baca juga: PPP Resmi Rekomendasi Karna Sebagai Bacabup Pilkada Situbondo 2020

Lebih lanjut dikatakan orang nomor satu di Kabupaten Blitar itu, sebenarnya upaya dari Pemerintah dalam pengelolaan sampah secara nasional sudah tertuang di Peraturan Presiden No 97 Tahun 2017 tentang kebijakan dan strategi nasional pengelolaan sampah rumah tangga.

“Adanya peraturan tersebut diharapkan peran dari semua lini, seperti Pemerintah Daerah dan masyarakat bisa melakukan penanganan sampah dengan maksimal”. Tutur Rijanto

Dalam upaya peningkatan penanganan sampah di Kabupaten Blitar juga sudah diintruksikan kepada pemilik toko modern, pasar tradisional, restoran, cafe maupun masyarakat agar mengurangi penggunaan kantong plastik dan sedotan.

Bupati menambahkan supaya penanganan sampah lebih maksimal dan merata di setiap wilayah, pihaknya meminta kepada seluruh Camat untuk memfasilitasi pendirian bank sampah di Desa maupun Kelurahan.

Reporter: Arif/Rik

Editor: Rony DE

Related posts

banner 645x400
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *