Perkembangan Baru dalam Teknologi Vaksin Pfizer

  • Whatsapp

KABAR RAKYAT – Vaksin Pfizer merupakan salah satu vaksin yang dirancang khusus untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Besar harapan masyarakat di seluruh dunia untuk segera ditemukannya vaksin Covid-19. Hal ini dikarenakan keberadaan virus tersebut telah merenggut banyak korban jiwa. Hampir semua negara berperang melawan penyebaran virus tersebut, termasuk Indonesia.

Informasi Seputar Perkembangan Baru dalam Teknologi Vaksin Pfizer

Menjadi salah satu kandidat vaksin yang akan disuntikkan masyarakat untuk mencegah penyebaran virus corona membuat Pfizer terus mengoptimalkan vaksin temuannya. Menariknya lagi, vaksin ini sudah menyelesaikan uji klinis tahap ketiga. Dari uji klinis yang dilakukan membuat pihak pfizer mengklaim jika vaksin temuannya memiliki efektifitas melindungi seseorang dari virus corona mencapai 90 persen. B

isa dibilang efektifitas dalam melindungi dari virus corona cukup tinggi. Lantas, apa teknologi yang diterapkan dalam vaksin ini? Pihak Pfizer cukup percaya diri dengan vaksin temuannya dikarenakan uji klinis yang dilakukan hasilnya cukup memuaskan. Uji klinis yang dilakukan melibatkan banyak relawan yang terdiri dari latar belakang serta etnis yang berbeda-beda. 

Teknologi Vaksin Pfizer

Dalam mengembangkan vaksin Covid-19, Pfizer menggandeng perusahaan raksasa dari Jerman yang bernama BioNtech. Saat mengembangkan vaksin kedua perusahaan tersebut menggunakan teknologi baru yang dikenal dengan nama messenger-RNA atau mRNA. 

messenger-RNA atau mRNA itu sendiri merupakan salinan gen yang membawa informasi genetik untuk selanjutnya menghasilkan protein. Perlu diketahui jika teknologi tersebut belum pernah digunakan dalam vaksinasi manusia. Artinya vaksin Pfizer merupakan vaksin pertama yang menggunakan teknologi tersebut. 

Biasanya dalam mengembangkan vaksin akan memanfaatkan virus yang sudah dilemahkan untuk memicu respons kekebalan tubuh. Namun, vaksin yang dikembangkan oleh Pfizer akan menyuntikkan mRNA ke tubuh. 

Menurut dr Muhammad Iqbal Ramadhan, messenger-RNA atau mRNA akan memancing sistem kekebalan tubuh seseorang untuk kemudian mengenali virus SARS-CoV-2. Jadi, vaksin Pfizer nantinya akan memberikan instruksi kepada imunitas tubuh untuk memproduksi protein virus corona dalam jumlah cukup besar. Berarti nantinya akan terjadi lonjakan protein. 

Lonjakan jumlah protein tersebut akan membantu sistem kekebalan tubuh dalam melawan . Atau dengan kata lain lonjakan jumlah protein bersifat defensif terhadap virus Covid-19. Dikarenakan tidak membutuhkan virus yang utuh, virus Pfizer diprediksi akan diproduksi lebih cepat dan harganya murah.

Apakah Ada Resiko dari Teknologi m-RNA yang harus Diwaspadai?

Ketika pihak Pfizer mengklaim jika vaksin yang dikembangkan memiliki efektivitas mencapai 90 persen membuat banyak orang kemudian bertanya-tanya. Pertanyaan itu seperti adakah kemungkinan vaksin tersebut memberikan respons kekebalan tubuh yang lemah dikarenakan menggunakan teknologi mRNA.

Pertanyaan lainnya mengenai kemungkinan adanya risiko lain yang bisa saja terjadi. Hal ini merupakan pertanyaan umum dikarenakan penggunaan teknologi m-RNA belum pernah diaplikasikan dalam vaksinasi sebelumnya. Maka dari itu, para pakar tidak pernah bosan terus mengingatkan untuk selalu berhati-hati dan jugs teliti dalam uji klinis dan vaksinasi.  Dr Muhammad Iqbal Ramadhan mengatakan jika ada risiko yang harus diwaspadai dari vaksin Pfizer, yakni Antibody Dependent Enhancement (ADE).  ADE merupakan kondisi ketika virus justru mempunyai ikatan dengan antibodi sehingga akan menginfeksi sel inang. 

Pada mulanya virus Covid-19 akan menginfeksi sel melalui reseptor ACE 2 di paru-paru. namun dengan adanya ADE membuat virus akan masuk ke sel melalui makrofag. Dalam kondisi ini vaksin justru akan melemahkan sistem kekebalan tubuh manusia.

Meski pihak Pfizer sudah mengklaim jika vaksin temuannya memiliki efektifitas mencapai 90 persen tetapi Indonesia belum berencana untuk membelinya. Semua informasi mengenai vaksin Pfizer juga bisa didapatkan melalui Halodoc. Halodoc merupakan aplikasi kesehatan yang bisa memberikan Anda informasi seputar berbagai penyakit dan gaya hidup yang paling akurat dan terpercaya. Bahkan Anda juga bisa melakukan konsultasi dengan dokter melalui aplikasi ini.*

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *